Berita

    Ini Dia Fungsi Oil Pan pada Mesin Mobil

    Oli menjadi pelumas yang sangat dibutuhkan oleh sebuah mesin kendaraan. Sirkulasi oli yang terjadi dalam mobil akan melalui komponen yang bernama oil pan. Komponen ini berperan penting untuk menampung oli kendaraan. 

    Sayangnya, masih banyak pengendara yang kurang memperhatikan komponen ini, padahal perannya cukup penting bagi mesin mobil. 

    Mengenal Oil Pan

    Sebagai seorang pengendara mobil, tentunya Anda harus mengetahui apa itu bak oli. Komponen yang juga disebut dengan karter oli ini merupakan bagian yang digunakan untuk menyimpan oli sementara pada kendaraan. 

    Komponen ini terpasang pada bagian bawah blok mesin. Karter oli biasanya akan dikosongkan dan dibersihkan pada saat dilakukan penggantian oli. 

    Karter oli ini memiliki bentuk seperti bak penampungan sehingga setiap oli yang telah melumasi bagian-bagian mesin seperti gear, piston, dan lainnya akan mengendap pada bagian ini sebelum akhirnya dihisap ke atas oleh pompa oli melewati selang pelumasan.

    Komponen ini terbuat dari baja atau aluminium yang dicetak dan dipasang pada bagian bawah blok silinder dan difiksasi menggunakan baut. Agar tidak bocor, oil pan ini akan dilapisi dengan perpak dan seal. 

    Jenis seal yang digunakan merupakan jenis khusus sehingga tidak akan mudah rusak saat terkena panas mesin. Pada bagian dalamnya, terdapat plat yang berfungsi sebagai penyekat oli sehingga posisinya akan tetap sama meskipun kendaraan dalam posisi miring.

    Fungsi Oil Pan

    Jika dilihat dari pengertiannya, fungsi bak oli ini benar-benar tampak sepele. Namun, itu bukan berarti komponen ini tidak memiliki peran yang penting bagi mobil. Pasalnya, jika bak oli mengalami kerusakan bisa mengakibatkan masalah besar pada mesin mobil.

    Mesin tidak lagi mendapat pelumas karena tidak ada yang menampung oli. Akibatnya, mesin bisa menjadi aus dan cepat panas. Selain itu, panas mesin juga tidak terkendali. Lalu, apa saja sebenarnya fungsi dari bak oli ini? Berikut penjelasannya.

    • Tempat Menampung Oli

    Sesuai dengan namanya, karter oli memiliki fungsi utama untuk menampung oli mesin yang telah digunakan. Penampungan ini tidak bersifat permanen karena oli akan kembali disedot ke dalam mesin.

    Pada karter oli, terdapat tiga cekungan. Cekungan pertama yaitu bagian paling cekung yang di dalamnya terdapat saringan oli. Bagian ini terhubung langsung dengan pompa oli. Jadi, setelah oli digunakan untuk melumasi mesin, akan disaring lalu dipompa kembali.