Berita

    Kenali Komponen Karburator Mobil

    Karburator mobil menjadi salah satu komponen yang memiliki peran penting. Agar mobil memiliki performa dengan baik, komponen ini harus dirawat secara rutin. 

    Karburator sendiri merupakan komponen yang dapat Anda temukan di mesin bensin. Umumnya, komponen ini akan mencampurkan udara dengan bahan bakar dan menggunakan perbandingan tertentu agar mengalirkannya ke silinder sesuai jumlah kebutuhan mesin.

    Komponen Karburator Mobil Beserta Fungsinya

    Berikut sejumlah komponen karburator beserta fungsi yang dimilikinya, antara lain:

            1. Float Chamber

    Komponen pertama adalah float chamber. Komponen ini merupakan ruang bakar dan menjadi komponen yang begitu penting perannya. Jika bahan bakar mobil sudah terisi penuh, pelampung akan menutup katup bahan bakar. 

    Kerja dari pelampung ini akan mengikuti kondisi rendah dan tingginya bahan bakar mobil. Bila bensin terlalu banyak, hal ini dapat berakibat banjir, dan kinerja pelampung tidak bisa berfungsi dengan maksimal. 

    Fungsi utama yang dimiliki float chamber adalah sebagai tempat pembakaran. Ruang bakar ini akan menjadi tempat pembakaran yang akan mencampurkan bahan bakar dengan udara hasil kompresor torak. 

            2. Floater

    Pelampung atau floater merupakan komponen karburator mobil yang memiliki peran tidak kalah penting. Meskipun pelampung ini memiliki bentuk kecil, tetapi peranannya cukup signifikan. 

    Agar dapat menjaga stabilitas kinerja pelampung, kondisi pelampung harus terus menerus dilakukan pengecekan secara rutin. Umumnya, pelampung akan bekerja pada kondisi bahan bakar yang rendah atau tinggi. 

            3. Choke Valve

    Agar Anda dapat melakukan aktivitas harian dengan lancar, mobil harus dibuat dengan senyaman mungkin. Mobil juga harus dibuat tetap stabil serta segera diperbaiki bila terdapat kendala.

    Perawatan rutin menjadi hal yang penting dilakukan. Choke valve merupakan komponen yang akan memberikan pada kendaraan. Fungsi utama yang dimilikinya adalah menambah campuran dalam bahan bakar, sehingga kendaraan akan mudah dihidupkan. 

            4. Throttle Valve

    Komponen berikutnya ada throttle valve. Komponen ini sering disebut dengan pistol valve. Throttle valve berfungsi sebagai pengatur besar atau kecil campuran udara yang dapat masuk dalam ruang bakar kendaraan.