Berita

    Ketahui, Cara Memasang Relay Lampu pada Mobil.

    Bagaimana cara memasang relay lampu mobil? Masih banyak orang yang belum mengerti, padahal caranya tidak terlalu sulit.

    Apabila memerlukan atau menginginkan lampu lampu yang lebih terang untuk mobil Anda, pemasangan relay lampu ini dapat menjadi solusi yang layak dipertimbangkan.

    Biasanya, banyak orang yang memakai jasa bengkel untuk memasang relay lampu ini, namun sebenarnya Anda pun dapat melakukannya sendiri.

    Mengenal Sekilas tentang Relay Lampu Mobil

    Jika mungkin Anda belum tahu, relay adalah komponen berbentuk saklar atau tombol yang beroperasi menggunakan arus listrik. Tak hanya digunakan untuk barang elektronik, relay lampu telah dioperasikan untuk membantu kinerja kendaraan, salah satunya yakni mobil.

    Relay dapat berfungsi sebagai penambah arus listrik sehingga kinerja suatu alat dapat lebih maksimal. Relay yang digunakan pada mobil, dapat menambah daya listrik meski dengan pengapian kecil. 

    Penggunaannya pada mobil dapat berguna untuk tambahan lampu dan komponen listrik lainnya, misalnya klakson.

    Secara sederhana, jika digunakan untuk lampu mobil, relay ini dapat berfungsi sebagai saklar untuk mematikan dan menghidupkan lampu.

    Cara Memasang Relay Lampu Mobil

    Jika memiliki mobil, sebaiknya Anda melakukan pengecekan secara berkala. Hal tersebut penting untuk dilakukan demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

    • Membeli Satu Set

    Cara pertama yakni cara yang paling mudah. Anda bisa langsung membeli satu set relay lampu. Set relay ini dapat dibeli di toko onderdil mobil.

    Terdapat beberapa pilihan set yang dapat dibeli yaitu yang berisi 2, 3, dan 4 relay. Harga dari setiap jenisnya pun bervariasi, sekitar 100 hingga 300 ribu rupiah. Anda dapat membeli sesuai kebutuhan mobil dan perjalanan.

    Setelah membeli pilihan set, selanjutnya yakni memasangnya pada mobil. Hal yang perlu dilakukan yakni menyambungkan soket lampu ke aki, lalu sambungkan pada terminal positif dan negatif.

    Cara masang relay lampu mobil ini paling efektif karena Anda tidak perlu merangkai sendiri, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Namun, biaya yang dikeluarkan lebih besar dibanding membuat relay.

    Anda bisa mengecek kembali setelah dipasang, pastikan pemasangannya sudah benar. Setelah itu, Anda dapat coba menyalakannya. Jika sudah aman, relay lampu telah siap digunakan untuk menemani berkendara.

    • Membuat Sendiri