Berita

    Ketahui Fungsi & Tipe Pada Clutch Cover Mobil

    Istilah clutch cover sering digunakan dalam dunia otomotif. Namun, jika Anda masih belum familiar dengan nama tersebut, komponen ini sering juga disebut sebagai matahari kopling, rumah kopling, dekrup, atau tutup kopling.

    Komponen ini berperan penting untuk mengendalikan putaran mesin saat sedang melakukan penyesuaian kecepatan. Fungsinya penting karena menunjang performa kopling . 

    Fungsi kopling sendiri untuk mobil dengan transmisi manual sangatlah penting. Ketika mobil sedang berpindah gigi dan kecepatan menurun, kopling bertugas menurunkan putaran mesin sehingga mesin tidak mati. 

    Fungsi Clutch Cover

    Clutch cover berbentuk piringan dan di bagian dalamnya terdiri dari pegas penekan dan sebuah plat dari besi tuang bertekstur rata. Di antara komponen tersebutdan flywheel, terdapat kampas kopling yang berhadapan dengan sebuah plat.

    Plat yang permukaannya rata akan berhadapan dengan kampas kopling, jadi kampas kopling akan terjepit di antarabagian tersebut dan flywheel. Fungsi clutch coveradalah melepas jepitan di flywheel sehingga kampas kopling dilepas berdasar tekanan yang diberikan.

    Prinsip kerja dasar dari komponen tersebut yaitu perubahan energi. Saat pedal kopling dilepaskan, kompas kopling akan terjepit. Tenaga mesin yang dikeluarkan akan dilanjutkan ke clutch disc dan input shaft transmisi. 

    Sedangkan, saat pedal kopling diinjak, maka plat tidak menjepit clutch disc dan tenaga putar mesin akan terputus. 

    Tipe Clutch Cover

    Secara umum, clutch coveryang digunakan pada mobil bertransmisi otomatis saat ini terdiri dari  dua jenis yaitu tipe coil spring dan diaphragm spring. Berikut adalah penjelasan kedua fungsi clutch cover tersebut: 

    1. Tipe Coil Spring

    Secara umum, tipe coil spring ini diaplikasikan pada kendaraan-kendaraan heavy duty seperti bus dan truk dengan besar. 

    Tipe yang ini menggunakan pegas yang bentuknya spring dan memiliki ketinggian bisa diatur serta dipasang di antara tutup dengan plat penekan. 

    Kelebihan dari tipe coil spring ini adalah penekan platnya dapat ditekan dan daya tekan plat terhadap kopling sangat kuat.