Berita

    Ketahui Peran Penting Booster Rem Dalam Pengereman Mobil

    Dalam sistem pengereman terdapat banyak komponen yang berguna untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang selama di perjalanan. Salah satu komponen penting tersebut adalah booster rem. Komponen ini penting sekali peranannya, sehingga rem dapat bekerja sebaik mungkin.

    Namun, masih banyak pengemudi atau pemilik mobil yang belum memahami peran di sistem pengereman. Padahal komponen tersebutlah yang memainkan peranan vital, sehingga pengemudi dapat mengendalikan dan mewaspadai laju kendaraan.

    Pengertian Booster Rem

    Bagi sebuah kendaraan seperti mobil, komponen di sistem pengereman ini sangatlah penting. Dengan adanya komponen ini, pengemudi dapat menginjak pedal rem dengan lebih powerfull. Dengan begitu, pengereman akan lebih praktis tapi tetap efektif.

    Dari sini bisa kita simpulkan bahwa komponen ini adalah komponen yang dibuat agar torsi yang diterima oleh pedal rem menjadi lebih kuat. Pengemudi tidak perlu takut mobilnya kehilangan kendali saat dioperasikan.

    Pasalnya komponen ini bekerja dengan cara memanfaatkan tekanan udara yang diterimanya dari mesin mobil. Hal inilah yang memperkuat torsi pedal rem. Itulah sebabnya, banyak ahli otomotif yang menyarankan pengemudi untuk memiliki komponen ini di dalam mobilnya.

    Peranan Booster Rem Pada Sistem Pengereman Mobil

    Komponen ini pada umumnya terletak di dekat master rem, yaitu pada bagian tengah dan belakang dari mesin kendaraan. Meskipun ukurannya terlihat kecil, namun fungsinya sangat vital.

    Lalu, bagaimana peran komponen ini? Yang pasti komponen ini adalah untuk membantu mobil agar pedal rem tidak berat saat diinjak. Untuk lebih jelasnya, mari  simak informasi ini dengan seksama!

    • Berperan untuk Menggandakan Kekuatan Saat Pengereman

    Bagi seorang pengemudi, ada kalanya berada di posisi untuk mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi. Untuk mobil yang sistem pengeremannya aman, melajukan kendaraan seperti itu tidak akan takut sebab ia bisa mengendalikan kendaraan kapan saja.

    Dengan adanya komponen kecil ini pengemudi tidak hanya dapat mengendalikan kendaraannya, tapi juga dapat mempunyai sistem pengereman yang kekuatannya besar. Jadi, saat pedal rem diinjak, pengemudi tidak perlu mengeluarkan lebih banyak tenaga agar mobil terkendali sesuai keinginan.

    • Mempermudah Menekan Pedal Rem

    Seperti yang dijelaskan di atas, gaya pengereman yang dihasilkan oleh rem ini jadi lebih besar. hal ini membuat pengemudi kerepotan saat menginjak pedal rem. Booster di sistem pengereman membantu memperlambat laju kendaraan bahkan menghentikannya saat mobil dikemudikan dalam kecepatan yang tinggi.