Berita

    Mengenal Penyebab Kaca Mobil Berjamur dan Cara Mengatasinya

    Kaca mobil berjamur bukan hanya masalah estetika saja. Tetapi juga dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara. Seperti menghalangi atau mengurangi visibilitas sopir saat mengemudikan mobil.

    Jamur pada kaca mobil umumnya disebabkan oleh faktor lingkungan dan kurangnya perawatan. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai penyebab umum kaca pada mobil berjamur dan beberapa cara efektif untuk mengatasinya.

    Faktor yang Membuat Kaca Mobil Berjamur

    Menjaga kaca mobil agar tetap bersih dan bebas jamur bukan hanya masalah penampilan, tetapi juga berkaitan dengan kesehatan dan keamanan berkendara. Dengan mengidentifikasi penyebab dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, Anda dapat menghindari pertumbuhan jamur yang merugikan. 

    Berikut ini penyebab kaca mobil bisa berjamur!

    Kelembaban Tinggi

    Jamur bisa tumbuh pada permukaan atau tempat dengan kelembaban tinggi. Kondisi ini dapat terjadi di dalam mobil ketika jendela tertutup rapat, dan udara di dalam mobil tidak dapat mengalir dengan baik.Misalnya saja apabila suhu mobil di dalam dan di luar tidak sama. Sehingga jamur bisa muncul dan menempel secara sempurna pada kaca mobil.

    Sisa Air Hujan

    Tidak ada salahnya dengan mobil yang terguyur hujan. Namun ini bisa menjadi masalah apabila air hujan ini tertinggal pada permukaan mobil. Maka dari itu sebaiknya segera bersihkan sisa air hujan pada kaca mobil. 

    Sebab jika mengering dengan sendirinya, maka akan menyisakan jamur pada kaca mobil. Apalagi jika sudah terjemur dengan sinar matahari.

    Proses Pembersihan Mobil yang Kurang Sempurna

    Tentu Anda menginginkan mobil rutin dicuci supaya bersih. Ini adalah kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan secara rutin.

    Namun demikian, harus hati-hati dalam pencucian mobil. Pastikan proses pencucian mobil dilakukan dengan sempurna. Kemudian lakukan pengeringan dengan baik supaya tidak ada sisa air yang menempel.

    kaca mobil kurang bersihUnplash

    Selain itu, pastikan air yang digunakan untuk mencuci mobil juga baik. Misalnya tidak ada kandungan kapur, berkerak dan lain-lain supaya tidak menempel pada permukaan kaca mobil.

    Cara Mengatasi Penyebab Kaca Mobil Berjamur

    Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan jamur pada kaca mobil. Berikut ini tipsnya!

    1. Bersihkan Kaca Secara Rutin

    Membersihkan kaca secara rutin dapat menghilangkan spora jamur dan mencegah pertumbuhannya. Seperti segera lap kaca mobil setelah hujan mengguyur. Anda bisa menggunakan lap microfiber untuk membersihkan sisa air hujan ini. 

    2. Pastikan Sirkulasi Udara yang Baik

    Pastikan ventilasi di mobil berfungsi dengan baik. Hidupkan AC atau buka jendela secara teratur untuk memberikan sirkulasi udara yang cukup. Supaya suhu di dalam dan luar mobil juga seimbang.

    3. Gunakan Penghilang Bau dan Jamur

    Ada berbagai produk penghilang bau dan jamur yang dapat digunakan di dalam mobil. Pilih produk yang aman dan efektif untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan lapisi secara rutin.

    4. Pastikan Pencucian Dilakukan dengan Baik

    Proses cuci mobil juga harus dipastikan kebersihannya. Mulai dari kondisi air yang baik, sampai proses pengeringan tepat.

    Sebaiknya bawa ke tempat cuci mobil apabila Anda tidak bisa melakukannya sendiri di rumah, karena kondisi tidak memungkinkan. Namun pastikan tempat cuci mobilnya juga tepat ya!

    Apabila jamur telah parah berkembang di kaca mobil Anda, jangan ragu untuk melakukan penggantian atau perawatan ekstra lainnya. Anda bisa mempertimbangkan hal ini dengan berkonsultasi dengan teknisi mobil.