Berita

    Planetary Gear: Komponen & Cara Kerjanya

    Pernah dengar tentang planetary gear? Ini merupakan sebutan untuk gigi gear yang terpasang di kendaraan bermesin. Fungsinya adalah untuk mengatur transmisi pada kendaraan bermotor termasuk mobil.

    Komponen Planetary Gear

    Satu rangkaian gigi planetary ini memiliki komponen yang tersusun menyerupai tata surya. Setiap komponen yang ada di dalamnya bisa berputar pada poros masing-masing. Berikut ialah beberapa komponen planetary gear yang dimaksud:

            1. Sun Gear

    Pertama ada sun gear yang menjadi pusat susunan dari planetary ini. Disebut sun gear karena memang fungsinya sama seperti matahari dalam sistem tata surya. Semua komponen lainnya nanti akan berpusat pada komponen ini. 

    Ada 2 jenis rangkaian sun gear yang bisa Anda gunakan yaitu helical gear dan spur gear. Perbedaannya terletak pada jumlah gigi. Ketika mobil mulai bekerja, maka gigi dari setiap komponen tadi akan saling bertaut. 

            2. Pinion Gear

    Berikutnya ada pinion gear yang terletak di sekeliling sun gear sebagai poros tengah. Pinion gear ini nantinya akan mengelilingi sun gear dengan gigi yang saling bertaut. Dibandingkan dengan sun gear tadi, ukuran pinion ini jauh lebih kecil. 

    Susunannya terbentuk dalam sebuah kerangka yang kemudian dikenal dengan nama planetary carrier dan umumnya terbuat dari bahan logam. Di sini. Pinion akan kembali dilingkari oleh ring gear

    Pinion gear ini terbuat dari bahan besi campuran. Di masing-masing ujungnya terdapat shaft. Shaft ini akan berperan sebagai poros tempat pinion gear akan berputar. 

            3. Ring Gear

    Kemudian ada bagian ring gear yang merupakan komponen terluar pada sistem planetary gear ini. Komponen ini juga biasa dikenal sebagai annulus gear. Nantinya ring gear akan terpasang bertautan dengan pinion gear yang sudah tertaut dengan gear pusat. 

    Tautan antara ring gear dengan pinion gear ini akan membantunya bisa terhubung dengan gear pusat sebagai poros rotasi. Sebagai komponen terluar, ring gear ini diketahui memiliki jumlah gear yang paling banyak dibanding lainnya. 

    Ring gear akan menjalankan peran penting yaitu sebagai pengikat yang akan menahan keseluruhan gerakan gear, Selain itu komponen ini juga akan menghasilkan kekuatan yang cukup besar. Bahkan ring gear juga dikenal sebagai tuas terbesar pada poros planetary ini. 

    Cara Kerja