Berita

    Thermostat: Fungsi, Cara Kerja dan Perawatannya

    Mesin yang bekerja pada mobil memiliki suhu sangat tinggi sehingga diperlukan sistem pendinginan terbaik.

    Oleh karena itu, dibutuhkan satu komponen yang memiliki peran untuk menjaga suhu mesin tetap dingin dan stabil. Salah satu komponen tersebut adalah thermostat pada mobil untuk mendinginkan suhu mesin.

    Thermostat adalah salah satu komponen yang memiliki fungsi mengatur sirkulasi pendinginan mesin dari radiator untuk mencegah terjadinya overheat pada mesin. Sementara sistem pendinginan mesin berfungsi supaya temperatur di dalam mesin tetap berada pada kondisi yang ideal. Thermostat terletak di dalam saluran air yang berasal dari mesin ke radiator.

    Idealnya, suhu pada mesin saat beroperasi berada pada kisaran 80-92 derajat celcius. Pada suhu ini, proses pembakaran pada mesin sangat optimal dan tenaga mesin berada pada kondisi terbaik sehingga konsumsi BBM akan lebih efisien.

    Sebagai salah satu komponen pendingin mesin, cara kerja thermostat juga akan mengikuti kinerja komponen pendingin mesin yang lain. Pertama, water pump akan memompa air menuju ke mesin yang mengalir melalui water jacket.

    Pada tahap ini air akan mengalir di sekitar mesin untuk menangkap suhu panas yang ada di dalam mesin. Kemudian air akan keluar melalui selang dan kemudian air akan masuk ke bagian atas radiator.

    Pada proses ini suhu mesin turun karena terbawa air pendingin yang terdapat di radiator. Suhu panas yang masuk ke dalam radiator tersebut nantinya akan dilepaskan melalui kisi-kisi radiator untuk kemudian didinginkan oleh kipas di balik radiator.

    Air yang sudah turun suhunya tersebut pun akan keluar dari selang yang terdapat pada bagian bawah radiator untuk selanjutnya kembali dipompa menuju mesin dan melakukan proses penurunan suhu mesin kembali. Proses ini terjadi secara berulang kali saat mesin bekerja terutama pada saat mesin berada dalam suhu maksimal.

    Namun ketika mesin dalam kondisi yang dingin maka air yang berputar tersebut akan tertutup oleh thermostat. Tujuannya adalah agar sirkulasi air tidak berjalan melalui radiator sehingga mesin mobil dapat mencapai suhu optimal.

    Thermostat baru akan terbuka pada suhu 850-900 derajat celcius untuk memberikan jalan ke air pendingin melakukan proses pendinginan mesin yang melewati radiator. Secara mudahnya, thermostat berperan sebagai sakelar pada sistem pendinginan mobil. Pada saat yang dibutuhkan, thermostat akan bekerja untuk mengatur proses pendinginan mesin.

    Jenis Thermostat Pada Mobil