Berita

    Suka Membawa Barang Ukuran Besar? Ini Tips agar Mobil Tidak Overload

    Sebagian pengendara mobil mungkin saja memiliki berbagai keperluan, sehingga sering membawa barang berukuran besar dalam perjalanan. Namun, perlu diketahui bahwa ada berbagai tips berkendara yang sebaiknya Anda perhatikan dalam hal ini.

    Membawa barang yang berlebihan dapat memberikan berbagai dampak buruk bagi kendaraan, serta keamanan dan kenyamanan berkendara. Maka dari itu, harus dipastikan bahwa mobil Anda tidak kelebihan muatan atau yang sering disebut dengan overload.

    Tips Berkendara: Mencegah Mobil Overload

    Karena overload perlu dicegah, maka ada berbagai cara atau tips yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah poin-poin dan penjelasannya:

    • Pahami Kapasitas Maksimal dari Mobil Anda

    Sebelum berkendara dengan membawa muatan besar atau berat, maka Anda perlu mengetahui dan memahami kapasitas maksimal yang boleh diangkut oleh mobil Anda.

    Setiap jenis mobil bisa saja memiliki batas kapasitas muatan yang berbeda, sehingga tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya.

    Jika masih belum tahu berapa kapasitas maksimal tersebut, maka Anda bisa mengeceknya melalui buku panduan atau buku manual yang diberikan ketika membeli mobil.

    Bagi sebagian mobil, Anda juga bisa menemukan plakat yang berisi informasi tersebut di bagian belakang atau depan mobil. Jika ada, Anda dapat mengetahuinya dari plakat tersebut.

    Setelah mengetahui batas maksimal tersebut, maka selanjutnya Anda dapat lebih mudah untuk mempertimbangkan seberapa banyak barang yang bisa dibawa.

    • Jangan Membawa Barang Melebihi Kapasitas Muatan

    Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, pastikan bahwa Anda tidak membawa barang melebihi kapasitas maksimal muatan mobil.

    Hal ini perlu dihindari karena memiliki berbagai risiko yang dapat membahayakan keselamatan pengguna mobil dan orang lain di sekitarnya.

    Mobil yang mengangkut muatan berlebihan, dapat menyebabkan berbagai bahaya. Misalnya, terjadi kerusakan di bagian kaki-kaki mobil, ban mobil menjadi lebih cepat kempes atau rusak, serta dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

    Muatan yang berat juga dapat membuat penggunaan bahan bakar menjadi semakin boros, sehingga sebaiknya dihindari.

    • Atur Pembagian Beban dengan Baik

    Setelah mengetahui batas muatan yang diperbolehkan dan memperkirakan barang apa saja yang aman untuk dibawa, selanjutnya penting juga untuk mengetahui tentang pembagian beban muatan di mobil Anda.

    Ini merupakan salah satu tips berkendara yang penting untuk diketahui setiap pengemudi, terlebih yang membawa berbagai muatan di dalam mobil.

    Pastikan Anda menata barang dengan baik dan memperhatikan keseimbangannya. Usahakan untuk meletakkan barang yang berat dan besar di bagian bawah, lalu barang yang lebih ringan berada di atasnya.

    mengatur bagasi mobil

    Freepik.com

    Perhatikan juga keseimbangan antara muatan di sisi kanan dan kiri mobil, sehingga nantinya tidak mengganggu kemudi.

    Pastikan semua tetap stabil, usahakan juga tidak ada sela atau ruang kosong yang dapat berpotensi untuk membuat berbagai barang muatan jadi bergeser posisi.

    Melakukan penyusunan barang dengan baik dapat sangat membantu Anda dalam mengurangi risiko overload.

    • Pastikan Mengecek Kondisi Mobil secara Berkala

    Tips berkendara yang selanjutnya yaitu jangan lupa untuk melakukan pengecekan kendaraan secara berkala. Pastikan Anda tetap melakukan servis rutin, sehingga dapat meminimalisir risiko kerusakan mobil.

    Dengan melakukan servis rutin, Anda juga dapat langsung mengetahui jika sudah ada tanda-tanda kerusakan pada mobil, misalnya karena terlalu banyak muatan yang dibawa.

    Jika akan melakukan perjalanan jauh dengan membawa banyak barang, pemeriksaan kendaraan juga perlu dilakukan. Pastikan semua komponen mobil masih bisa berfungsi dengan normal, misalnya bagian rem, suspensi, dan kaki-kaki mobil.

    Itulah berbagai tips yang bisa Anda lakukan supaya dapat mencegah terjadinya overload. Tentu saja, kapasitas mobil perlu menjadi perhatian bagi setiap pengendara, jangan sampai Anda membawa beban yang melebihi batas maksimal.