Berita

    Bagian Mobil yang Wajib Diperiksa sebelum Perjalanan Jauh

    Melakukan perjalanan jauh memerlukan kondisi mobil yang prima. Itulah mengapa, Anda perlu memeriksa berbagai bagian mobil yang krusial untuk memastikan bahwa kondisinya sehat untuk dibawa berkendara jarak jauh.

    Melakukan pemeriksaan pada komponen mobil juga menjadi upaya menghindari peristiwa tidak diinginkan di tengah perjalanan. Oleh sebab itu, mari baca artikel ini hingga akhir untuk mengetahui komponen mobil yang perlu diperiksa secara lengkap!

    Wajib Periksa 6 Bagian Mobil Ini sebelum Perjalanan Jauh!

    Berbagai bagian pada mobil berikut ini perlu Anda jadikan checklist agar memudahkan pemeriksaan sebelum perjalanan jauh:

    • Air Radiator

    Komponen pertama yang wajib diperiksa adalah air radiator. Periksa kondisi air radiator agar berada dalam keadaan yang penuh untuk memastikan perjalanan jauh aman dari risiko mesin overheat.

    Selain itu, Anda perlu memastikan selang radiator serta selang penghubung ke reservoir sudah terpasang dengan baik dan aman dari kebocoran. 

    Apabila Anda menemukan selang tersebut menggelembung atau retak, maka segera ganti dengan selang baru agar terhindar dari risiko selang pecah di tengah perjalanan.

    • Oli Mesin

    Selanjutnya, Anda perlu memeriksa volume oli mesin pada mobil. Pastikan volume oli memenuhi standar cukup sehingga perjalanan jauh lancar dan aman.

    Mengecek volume oli pun tidak sulit, Anda cukup memeriksa level di stik oli saja. Volume oli yang memenuhi standar levelnya harus berada pada garis antara L dan F, dan sedikit berada di bawah garis level F.

    Apabila Anda mendapati volume oli kurang, cukup tambahkan seperlunya. Kemudian, jangan lupa memastikan kilometer pemakaian oli masih tersedia untuk menempuh jarak perjalanan jauh.

    • Filter 

    Komponen filter pada mobil, yang terdiri dari filter oli mobil, filter bensin, hingga filter udara, perlu Anda cek juga fungsinya. 

    Fungsi filter sebagai pencegah dan penyaring kotoran maupun debu agar tidak memasuki ruang mesin cukup krusial, jadi wajib Anda cek sebelum perjalanan jauh.

    Adapun untuk AC mobil, bersihkan filternya agar kondisi udara di dalam mobil selalu sejuk dan nyaman.

    filter mobil

    • Ban

    Bagian mobil yang satu ini bersifat vital, sebab ban yang membawa mobil melaju dan bergesekan langsung dengan medan jalan. 

    Aspek yang wajib diperiksa pada ban adalah tekanan anginnya, yang mana untuk tekanan normal berada di angka 30 hingga 34 psi.

    Selain itu, Anda pun perlu menggunakan merk ban terbaik yang disarankan produsen mobil. Sesuaikan pula dengan jenis kendaraan, sehingga performa ketika berkendara lebih optimal.

    • Baterai 

    Pemeriksaan pada baterai bisa Anda lakukan dengan memperhatikan apakah baut kutub pada aki bersih. Bila kondisinya kotor serta terdapat kerak membandel, segera bersihkan agar performanya lebih maksimal ketika dibawa perjalanan jauh.

    • Rem 

    Komponen rem tidak kalah penting untuk diperiksa sebelum perjalanan jauh. Lihat level minyak rem apakah memenuhi standar atau tidak.

    Apabila Anda mendapati level kurang dari standar minimalnya, segera lakukan pengecekan sebab dikhawatirkan terdapat kebocoran. Lebih jelasnya, Anda perlu memeriksa kebocoran pada sistem rem seperti selang dan master rem.

    Tidak hanya itu, jangan lupa periksa kondisi dalam velg. Bila terdapat basah, artinya terjadi kebocoran pada silinder roda.

    Memeriksa dan segera memperbaiki rem dan komponen di dalamnya wajib Anda lakukan untuk menjamin sistem rem berjalan dengan optimal ketika perjalanan jauh.

    Enam bagian mobil tersebut menjadi komponen yang wajib Anda periksa agar perjalanan jauh lebih tenang. Keamanan berkendara pun didukung oleh kondisi prima dari setiap komponen tersebut, jadi pastikan pemeriksaannya detail.