Berita

    Hal ini Wajib Ditanyakan ke Mekanik Bengkel

    Ada beberapa hal yang wajib ditanyakan ke mekanik bengkel baik saat Anda akan melakukan perbaikan atau servis rutin kendaraan. Beberapa pertanyaan perlu diajukan supaya Anda lebih paham mengenai masalah pada kendaraan Anda.

    Bagi orang yang belum paham mengenai kendaraan biasanya mekanik sering menawarkan penggantian suku cadang yang sebenarnya tidak diperlukan. Akibatnya, biaya servis atau perbaikan jauh lebih mahal dari perkiraan Anda. 

    Hal yang Wajib Ditanyakan ke Mekanik Bengkel

    Supaya Anda tidak khawatir pergi ke bengkel karena takut adanya pergantian suku cadang yang tidak perlu, berikut beberapa pertanyaan yang perlu Anda ajukan pada mekanik bengkel: 

    • Apa Masalah yang Terjadi pada Kendaraan?

    Saat Anda membawa kendaraan Anda ke bengkel tentu Anda menjelaskan apa saja keluhan Anda mengenai kendaraan kepada mekanik. Setelah itu, minta mekanik untuk memeriksa kendaraan Anda dan tanyakan apa masalahnya.

    Pertanyaan ini perlu ditanyakan supaya Anda lebih paham mengenai permasalahan yang terjadi pada kendaraan Anda. 

    Anda juga bisa menanyakan apa yang terjadi jika bagian yang rusak atau bermasalah tidak diperbaiki. Hal tersebut bisa menambah pengetahuan Anda untuk mengatasi masalah yang sama di masa depan.

    • Apa Jenis Servis atau Perbaikan yang Diperlukan?

    Hal yang wajib ditanyakan ke mekanik bengkel berikutnya yaitu tanyakan apa solusi atau jenis perbaikan yang diperlukan terkait permasalahan pada kendaraan Anda. 

    Minta mekanik untuk menjelaskan langkah-langkah yang akan diambil untuk memperbaiki kendaraan Anda. 

    Biasanya tidak semua bagian yang bermasalah perlu diperbaiki segera. Sehingga apabila ternyata ada banyak komponen kendaraan yang harus diperbaiki, maka tanyakan komponen mana yang harus segera diperbaiki dan mana yang bisa ditunda. 

    Hal tersebut bisa mengurangi beban biaya perbaikan Anda sehingga tidak terlalu berat. Tanyakan pula kapan perbaikan komponen yang ditunda bisa dilakukan. 

    • Kapan Suku Cadang perlu Diperbaiki atau Diganti?

    Hal yang wajib ditanyakan ke mekanik bengkel selanjutnya adalah soal suku cadang. Sebagai informasi, beberapa suku cadang memang tidak bertahan selamanya dan perlu diganti ketika sudah rusak atau sudah tua. 

    Supaya Anda tidak mengeluarkan biaya untuk hal yang tidak perlu, Anda bisa tanyakan apakah suku cadang perlu diganti atau sekedar diperbaiki? 

    Kemudian tanyakan apa masalah yang kemungkinan bisa terjadi jika komponen atau suku cadang yang perlu diganti hanya diperbaiki. Ini dapat membantu Anda membuat keputusan dengan matang.

    • Bisakah Melihat Bagian yang Bermasalah?

    Apabila mekanik tetap meminta Anda untuk mengganti suku cadang atau komponen yang rusak maka Anda bisa meminta mekanik untuk menunjukkan bagian yang bermasalah. 

    Melihat Bagian yang Bermasalah pada mobilFreepik.com

    Apabila mekanik menolak untuk menunjukkan bagian yang bermasalah maka Anda bisa mempertimbangkan kembali keputusan penggantian komponen yang ditawarkan.

    • Berapa Perkiraan Biaya Perbaikan?

    Sebelum perbaikan dimulai, Anda bisa meminta mekanik untuk memberikan rincian perkiraan biaya servis mulai dari penggantian suku cadang sampai tenaga kerja. Dengan begitu tidak ada pengeluaran mendadak saat perbaikan.

    • Apakah ada Jaminan atau Garansi?

    Terakhir tanyakan kepada mekanik apakah ada jaminan atau garansi. Garansi ini diperlukan supaya Anda tidak perlu mengeluarkan uang perbaikan lagi jika ternyata masalah pada kendaraan tidak teratasi dengan baik.

    Tidak hanya itu, tanyakan pula berapa lama garansi suku cadang atau komponen yang diganti.

    Itulah beberapa hal yang wajib ditanyakan ke mekanik bengkel. Manfaatkan pengetahuan yang Anda dapat dari jawaban mekanik untuk membantu Anda membuat keputusan servis kendaraan yang lebih baik di masa depan.