Berita

    Ini Dia Waktu Yang Tepat Untuk Spooring dan Balancing Pada Mobil

    Roda mobil tidak hanya menopang beban pada mobil, tetapi juga memegang kendali terhadap kemudi. Untuk itu, kondisinya harus tetap prima dan balance. Itu sebabnya dalam kurun waktu tertentu roda mobil perlu melakukan spooring dan balancing. Dengan melakukan spooring akan membuat keempat roda akan kembali diluruskan, sehingga akan kendali mobil akan lebih stabil, sehingga pengendara lebih nyaman saat mengoperasikan mobil.

    Spooring sendiri memiliki fungsi untuk mengembalikan posisi roda seperti kondisi setingan awal pabrikan. Hal ini dilakukan untuk memberikan letak yang presisi pada ban.

    Spooring Mobil

    Spooring biasanya dilakukan untuk menyeimbangkan atau menyelaraskan roda mobil. Penyelarasan dilakukan agar ban depan dan bagian belakang lurus sesuai standarnya. Dalam penyelarasan biasanya, mobil mendapatkan menjalani beberapa proses agar mengembalikan posisinya mulai dari camber, caster, toe angle dan turning radius. Dengan melakukan spooring, kaki-kaki mobil akan selaras sehingga kestabilan mobil akan terjaga saat digunakan. Hal yang bisa dirasakan setelah roda mobil menjalani spooring, adalah kemudi yang lebih enteng, sehingga membuat pengemudi tidak cepat lelah.

    Spooring juga membuat gaya putaran kembali berjalan normal sehingga mencegah mobil berbelok sendiri. Hal ini terjadi karena kondisi roda yang tidak lurus. Spooring perlu dilakukan secara rutin agar kaki-kaki mobil lebih terawat. Merujuk berbagai sumber, roda mobil perlu melakukan spooring paling tidak tiga atau empat bulan sekali. Namun tergantung pada kondisi roda mobil.

    Balancing Mobil

    Mirip dengan spooring, balancing juga berfungsi untuk menyeimbangkan roda. Hal ini dilakukan agar ban lebih seimbang dan sesuai dengan pusat rodanya. Biasanya balancing ban mobil dilakukan terutama saat penggantian ban atau pelek baru. Tujuan balancing untuk memberikan putaran roda yang seimbang. Dengan keseimbangan yang ada pada mobil, pengemudi akan merasa lebih nyaman saat berkendara, apalagi saat melewati jalan dengan kontur bergelombang.

    Indikator Mobil Perlu Spooring dan Balancing

    •  Setir Bergetar

    Roda yang mengalami masalah biasanya berdampak pada kemudi. Anda akan merasakan getaran pada setir, jika roda mengalami trouble. Hal ini akan membuat mobil bisa limbung saat dioperasikan. Setir yang bergetar biasanya menandakan putaran roda yang tidak seimbang. Jika pengemudi merasakan hal ini secara berulang dalam beberapa kali perjalanan, maka itu tandanya roda mobil perlu mendapatkan spooring dan balancing.

    •  Mobil Berbelok sendiri Saat Jalan Lurus