Berita

    Kenali Fungsi Master Silinder dan Cara Kerjanya

    Master silinder memiliki fungsi krusial di dalam sistem pengereman mobil. Biasanya, komponen satu ini terhitung jarang sekali mengalami kerusakan dan masa pemakaiannya sangat lama, yakni belasan hingga puluhan tahun.

    Mayoritas pemilik mobil belum mengetahui dengan baik mengenai fungsi serta cara kerja komponen ini. Maka dari itu, jika Anda merupakan salah satu dari mereka, ayo ketahui kedua hal tersebut lewat artikel satu ini!

    Pengertian Master Silinder

    Sebelum membahas mengenai sejumlah fungsi dan cara kerjanya, ketahui terlebih dahulu bahwa pengertian dari komponen satu ini merupakan sebuah alat yang berperan sebagai pengubah tekanan pedal supaya menjadi bentuk hidrolik.

    Intinya, komponen ini menjadi pengubah tekanan mekanik untuk jadi tekanan hidrolik. Jadi, komponen satu ini bisa mengubah suatu gaya dorong mekanik terinjak dari pedal rem kaki supaya jadi tekanan hidrolik di minyak rem. 

    Fungsi Master Silinder

    Nah, memangnya apa saja sih fungsi dari komponen ini yang tersedia di mobil serta kendaraan lainnya? Singkat kata, terdapat 4 fungsi pokok yang dimiliki oleh komponen ini, yaitu sebagai berikut:

    • Sebagai Pengubah Energi Tekan Asal Pedal

    Fungsi pokok pertama dari komponen ini yakni sebagai pengubah energi tekan asal pedal. Jadi, ini seperti yang telah dijelaskan pada bagian pengertian bahwa energi mekanik diubah menjadi hidrolik.

    Bagaimana perubahan terjadi? Yaitu melalui penginjakan pedal rem yang terdapat di bagian bawah setir. Nah, tekanan kaki dapat dikonversi supaya jadi energi hidrolik asal fluida. 

    • Sebagai Tempat Menekan

    Fungsi pokok kedua yakni menjadi pemberi tekanan atau tempat penekan. Tanpa eksistensi komponen ini, bisa dipastikan bahwa tekanan yang hendak dikirim menuju kaliper cakram tidak akan tersedia. 

    Jadi, mobil yang telah menggunakan master silinder bisa mempunyai pengereman lebih baik jika dibandingkan dengan yang belum memakai komponen ini. Dengan demikian, sisi keamanan pun terhitung jauh lebih mumpuni.

    • Sebagai Pengubah Energi Mekanik

    Fungsi pokok ketiga bisa dibilang hampir serupa dengan pertama. Perbedaannya hanya pada aspek pengubahan energi mekanik yang berasal pedal rem untuk menjadi hidrolik. 

    Cara Kerja Master Silinder

    Kini Anda tentu telah mengetahui fungsi dari komponen ini. Jadi, mari melanjutkan pembahasan lebih dalam tentang cara kerjanya. Untuk penjelasan ringkasnya, ikuti ketiga poin berikut ini:

    • Ketika Tanpa Tekanan