Berita

    Ketahui Fungsi Fuel Pump Mobil dan Tandanya Mulai Bermasalah

    Fuel pump atau pompa bahan bakar mobil merupakan komponen krusial yang berperan penting untuk memompa bahan bakar dari tangki menuju mesin. Apabila terjadi kerusakan pada komponen ini, sudah pasti mobil tidak bisa nyaman saat digunakan.

    Fungsi fuel pump

    Sesuai dengan nama aliasnya - pompa bahan bakar kendaraan, pompa ini berfungsi untuk memompa bahan bakar. Nah, di dalam mesin mobil berkarburator, pompa ini berfungsi sebagai pemompa bahan bakar dari tangki ke karburator.

    Sedangkan, di dalam mesin mobil berinjeksi, pompa ini berfungsi sebagai pemompa bahan bakar dari tangki ke injektor. Nah, dari sini Anda dapat menyimpulkan bahwa perbedaannya hanya terdapat pada lokasi pengaliran bahan bakar.

    Jenis fuel pump

    Selain fungsinya yang dibagi menjadi 2, jenis pompa bahan bakar pun turut dibagi menjadi 2 jika digolongkan berdasarkan cara kerjanya. Berikut adalah seringkas informasinya.

    • Pompa bahan bakar mekanik

    Jenis pompa yang pertama ini memanfaatkan gerakan putaran mesin mobil yang terkoneksi dengan belt.

    • Pompa bahan bakar elektrik

    Jenis pompa yang kedua ini memakai motor listrik yang memanfaatkan aliran listrik yang bertujuan ke motor penggerak. 

    Tanda fuel pump mobil bermasalah

    Untuk Anda yang memprioritaskan kenyamanan dan keamanan berkendara, maka Anda sebaiknya mengetahui beberapa ciri pompa bahan bakar sedang bermasalah di bawah ini.

    • Mesin brebet

    Ini merupakan salah satu ciri pompa bahan bakar memiliki masalah. Brebet merupakan kondisi di mana mesin mobil seperti kosong sebab ia enggan untuk berakselerasi ketika proses melaju walaupun pedal gas telah diinjak.

    Hal ini disebabkan oleh sumbatan berupa kotoran yang bersumber dari tangki bahan bakar. Sumbatan kotoran tersebut tidak lain tidak bukan adalah karena mobil Anda diisi dengan bahan bakar berkualitas buruk.

    • Mesin sukar dihidupkan

    Tidak hanya brebet, mesin sukar dihidupkan juga merupakan ciri pompa bahan bakar sedang bermasalah. Ini disebabkan bahwa saat bahan bakar seharusnya sudah siap, ternyata justru tidak tersedia dalam jalur fuel line.

    Penyebab dari hal ini adalah karena adanya ganjalan kotoran pada one way valve. Karenanya, tekanan bahan bakar tersebut tidak mampu bertahan pada fuel line, lalu bocor menuju tangki lagi.