Berita

    Mengenal Komponen Gardan Pada Mobil

    Gardan mobil adalah salah satu bagian poros train yang berguna untuk membedakan antara putaran roda kanan dan kiri dalam satu poros. Komponen ini sangat penting dalam mendukung laju mobil terutama saat berbelok.

    Ketika Anda membelokkan mobil ke kiri maka roda kiri bagian belakang akan melintasi jarak yang lebih pendek daripada roda kanan. Apabila putaran roda kiri sama seperti roda kanan.

    Maka akan terjadi selip pada roda kiri karena putarannya lebih banyak dari jarak lintasannya. Untuk mencegah hal tersebut, putaran roda kiri belakang harus lebih lambat dari roda kanan bagian belakang. 

    Daftar Komponen Gardan Mobil Beserta Fungsinya

    Gardan terdiri dari beberapa komponen yang terletak di antara roda kiri dan kanan bagian belakang. Fungsi utamanya adalah mengantarkan daya putar dari mesin ke roda belakang agar mobil dapat bergerak maju, mundur, dan berbelok. 

    Mau tahu apa saja komponen yang menyusun gardan? Berikut daftar lengkapnya. 

    • Drive Pinion Gear

    Komponen yang pertama yaitu drive pinion gear yang berupa roda gigi berbentuk seperti buah nanas. Fungsinya sebagai roda gigi pemutar atau drive gear yang mengantarkan tenaga dari  bagian poros propeller ke rangkaian komponen gardan lainnya.

    Bentuk gigi yang menyerupai buah nanas ini dikenal sebagai hypoid gear. Menurut para ahli desain tersebut memang lebih cocok untuk mengantarkan tenaga secara lembut dan efisien.

    • Drive Pinion Shaft

    Komponen selanjutnya ini biasanya tersambung secara permanen dengan drive pinion gear. Drive pinion shaft berguna sebagai poros pemutar yang bertugas menyalurkan putaran.

    • Differential Carrier

    Bagian satu ini berfungsi sebagai tempat atau casing untuk meletakkan komponen-komponen gardan. Di antaranya adalah ring gear, rangkaian spider gear, dan side gear.

    • Spider Gear

    Komponen gardan mobil ini bertugas sebagai gigi pembeda putaran. Jumlahnya ada dua dan berada pada 90 derajat dari side gear

    • Spider Gear Shaft

    Komponen spider gear shaft berfungsi sebagai poros untuk memudahkan pergerakan spider gear. Meski jumlahnya ada dua, komponen ini memiliki satu gear poros. 

    • Ring Gear