Berita

    Mengenal Fungsi dan Komponen pada Planetary Gear

    Planetary gear atau gigi planet merupakan sebutan gigi gear yang terpasang di kendaraan bermesin. Pada dasarnya, fungsi komponen ini adalah untuk mengatur transmisi yang terjadi pada langkah kerja kendaraan bermotor. 

    Disebut planetary karena susunan gigi gear ini memiliki komposisi yang mirip dengan tata surya. Agar bisa lebih paham, mari kenali komponen dan fungsinya dalam informasi di bawah ini. 

    Apa itu Planetary Gear?

    Dalam sebuah sistem mesin otomatis, gigi planet memiliki peranan yang cukup penting untuk menjalankan sistem transmisi agar berjalan cepat. Komponen ini bertugas untuk mengatur akselerasi pada kendaraan bermotor. 

    Berkat gigi planet, sebuah mesin kendaraan memiliki kemungkinan untuk mengatur momen, kecepatan, hingga gerak kendaraan. 

    Pada dasarnya, unit gigi planet berfungsi sebagai penghasil tenaga pada mesin untuk menggerakan mesin dengan beban berat ataupun ringan.

    Misalnya saja pada alat berat, gigi planetary akan diandalkan untuk menjalankan berbagai sistem. Mulai dari final drive, torque divider, planetary transmission, dan fungsi penting lainnya pada mesin mobil.

    Komponen ini banyak diminati karena diklaim lebih menguntungkan jika dibanding dengan external gear. Gigi planet tidak membutuhkan terlalu banyak ruang sehingga lebih praktis digunakan.

    Fungsi Planetary Gear

    Setiap komponen yang ada pada gigi planet memiliki peranan yang sangat penting dalam menjalankan mesin. Adanya komponen tersebut akan memungkinkan mesin untuk bekerja dengan optimal dan mengatur tenaga kerja dalam mengangkat beban mesin.

    Fungsi dari gigi planet yaitu untuk menekan dan menurunkan momen mesin. Hal ini berhubungan dengan kebutuhan momen inersia dalam mengatur kinerja kendaraan pada saat akan berhenti ataupun melaju.

    Bukan itu saja, komponen ini juga memiliki fungsi lainnya yaitu menaikkan dan menurunkan kecepatan dari kendaraan. Selain itu, gigi planet juga yang berperan untuk membantu gerak maju atau mundur pada kendaraan.

    Komponen-komponen Planetary Gear

    Dalam menjalankan fungsinya, gigi planetary terdiri atas beberapa komponen. Masing-masing komponen tersebut akan berputar pada porosnya dna menjalankan setiap fungsinya. Adapun beberapa komponen tersebut diantaranya sebagai berikut.

    • Sun Gear

    Selayaknya susunan planet di tata surya yang memiliki pusat orbit, gigi planetary juga memilikinya yaitu sun gear. Komponen ini berada di pusat gigi planetary dan komponen lainnya akan berpusat pada sun gear.