Berita

    Ketahui Komponen Rangkaian Koil Mobil dan Cara Kerjanya

    Rangkaian koil mobil biasanya terdiri dari beragam komponen yang bisa mendukung kinerja mesin mobil. Hal inilah yang harus Anda ketahui, karena tidak semua rangkaian koil selalu ada di setiap mobil atau kendaraan. 

    Kalau koil mengalami kerusakan, mesin mobil pun akan sulit untuk dinyalakan. Terutama bagi Anda yang sering berkendara dengan mobil. Anda harus tahu apa saja komponen serta cara kerjanya. Informasi lengkap hanya di artikel ini!

    Apa Saja Komponen dalam Rangkaian Koil Mobil?

    Rangkaian pada koil mobil merupakan salah satu alat sparepart mesin mobil yang memiliki 2-3 gulungan kawat. Biasanya gulungan kawat ini berasal dari tembaga dengan diameter yang beragam. 

    Jadi, bisa dipastikan gulungan kawat ini dikatakan sebagai kumparan yang bisa dijadikan sebagai penyalur listrik kendaraan. Tak hanya satu bagian, koil terdiri dari berbagai komponen yang bisa dilihat di bawah ini: 

    • Kumparan Primer

    Kumparan primer menjadi salah satu komponen utama yang memiliki ukuran diameter sekitar 0,5 mm sampai dengan 1,0 mm. Selain itu, bagian primer ini juga didukung dengan 150 hingga 300 gulungan kawat di dalamnya. 

    Komponen primer ini juga berkontribusi dengan bagian-bagian lain agar bisa mendapatkan arus listrik. Tentu arus listrik ini didapat dari tenaga induksi elektromagnetik yang ada di koil mobil. 

    • Kumparan Sekunder

    Ada juga kumparan sekunder yang memiliki bagian yang dibuat langsung dari kawat tembaga. Dibandingkan dengan kumparan primer, kumparan sekunder ini memiliki gulungan kawat sekitar 15.000 - 30.000 gulungan kawat. 

    Kontribusi yang dihasilkan oleh kumparan primer dengan kumparan sekunder bisa memicu api listrik. Hal ini dikarenakan api listrik bisa mengaktifkan mesin mobil yang harus diarahkan ke bagian busi. 

    • Kumparan Penyekat

    Komponen rangkaian koil mobil terakhir ini bernama komponen penyekat yang berbentuk kertas resin. Jadi, kertas resin ini berguna untuk menahan panas dari hasil kerja sama antara kumparan primer dengan kumparan sekunder. 

    Walaupun menjadi komponen ketiga, kumparan penyekat ini bisa dijadikan pendukung dari komponen primer dan komponen sekunder. Apa fungsinya? Hal ini berguna untuk mengalirkan arus listrik ke bagian lain. 

    Bagaimana Cara Kerjanya?

    Dalam koil mobil, cara kerjanya pun masih berhubungan dengan berbagai komponen. Contohnya pada komponen sebelumnya ada primer, sekunder hingga penyekat.