Berita

    Featured Image

    Ini Alasan Kenapa Penggunaan 5 Spare Part ini Harus Asli

    Penggunaan suku cadang asli sangat penting untuk disadari agar kinerja mesin pada mobil tetap terjaga. Manfaat spare part asli ini tidak hanya berpengaruh terhadap kualitas saja, tetapi bisa juga meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen lainnya.

    Maka dari itu, penting sekali untuk menggunakan spare part yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Lalu, apa saja jenis suku cadang asli yang harus digunakan pada kendaraan?

    5 Manfaat Spare Part Asli sesuai Penggunaannya

    Beberapa jenis suku cadang di bawah ini sebaiknya memang harus menggunakan produk yang asli sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Hal ini melihat dari manfaatnya pada kegunaan produk itu sendiri.

    • Filter Oli

    Pertama adalah filter oli yang berfungsi sebagai penyaring benda asing dalam oli mesin. 

    Komponen ini juga mampu membersihkan oli dari kotoran atau debu yang tercampur sehingga dapat membuat bagian dalam mesin mobil tetap bersih dan terhindar dari keausan.

    Selain itu, komponen ini juga dapat melindungi permukaan logam tahan dari korosi dan karat. Kinerjanya yang baik, mampu menjaga keseimbangan  daya tahan dan kinerja filtrasi oli yang tinggi.

    • Kampas Rem

    Kampas rem adalah salah satu sistem pengereman mobil yang bekerja untuk menekan piringan rem. Adapun fungsi utama dari komponen ini adalah agar bisa menghentikan putaran cakram dan memperlambat putaran ban.

    kampas rem

    Baik atau buruknya kinerja kampas rem tentu dipengaruhi dari kualitas produk itu sendiri. Sehingga sangatlah penting untuk mempertimbangkan manfaat spare part asli agar fungsi kampas rem bisa meningkatkan keselamatan saat berkendara.

    • Busi

    Busi merupakan komponen yang berfungsi sebagai pembakar bensin untuk menghidupkan mesin mobil secara sempurna. Selain itu, suku cadang ini juga dapat digunakan sebagai penyimpanan cadangan listrik ketika aki soak.

    Melihat betapa pentingnya penggunaan busi ini, maka pemilihan produk asli harus digunakan agar mesin mobil bekerja optimal. Sebaliknya, jika Anda menggunakan produk busi tiruan, ini bisa menimbulkan banyak kerugian pada mesin mobil.

    • Timing Belt

    Timing belt adalah komponen yang bekerja untuk menggerakkan dan memutar internal mesin dari crankshaft ke bagian camshaft agar bisa naik dan turun.

    Manfaat spare part asli ini juga bekerja untuk memantau lingkat putara mobil agar mesin bisa berputar seperti seharusnya.

    Selain itu, timing belt juga berfungsi untuk menutup mesin klep mobil. Pada bagian crankshaft dan camshaft yang berputar, akan membuat kedua komponen ini membuka dan menutup mesin sebagai tempat saluran udara ke tempat pembakaran.

    • Filter Udara

    Filter udara memiliki peran yang sangat penting pada kendaraan sehingga harus terjaga kebersihannya dan harus diganti secara berkala dengan produk berkualitas. Dengan begitu, tentu kinerja mesin ini dapat menyaring udara kotor secara maksimal.

    Fungsi ini juga dapat mencegah munculnya kerak pada komponen mesin akibat paparan kotoran dan debu yang menempel. Selain itu, produk filter yang asli juga dapat menjaga kondisi mesin tetap optimal sehingga tahan terhadap karat.

    Demikian beberapa jenis suku cadang yang ternyata sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin mobil. Tentu manfaat spare part asli ini sangat mempengaruhi kualitas mesin dalam waktu jangka panjang.