Berita

    Tips Berkendara yang Aman dengan Anak

    Berkendara yang aman adalah hal penting, terlebih jika mengajak anak dalam perjalanan Anda. Pastinya, Anda ingin sang buah hati bisa mendapatkan berbagai pengalaman perjalanan yang menyenangkan, meski mungkin hanya perjalanan jarak dekat.

    Anda bisa melakukan perjalanan sambil mengobrol atau bernyanyi bersama anak, sehingga perjalanan akan terasa lebih hangat dan menyenangkan. Namun, terdapat berbagai hal penting yang tetap perlu Anda perhatikan supaya tetap aman dan selamat sampai tujuan.

    Pahami Tips Berkendara yang Aman dengan Anak

    Supaya terhindar dari bahaya dan bisa berkendara dengan aman, maka sebaiknya Anda perhatikan berbagai tips berikut ini.

    • Cek Kondisi Mobil Sebelum Berangkat

    Mengecek kondisi mobil sebaiknya selalu Anda lakukan sebelum mengemudi, terlebih jika hendak mengajak anak berkendara.

    Jangan lupa untuk memastikan kondisi aki, AC, oli, gas, roda, rem, wiper, kopling, dan berbagai komponen yang fundamental. Pastikan juga bahan bakar aman untuk digunakan.

    • Atur Rute dan Waktu Tempuh

    Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan anak mengatur rute yang akan ditempuh. Anda bisa memilih rute yang lebih aman untuk anak, serta hindari berbagai kemacetan dan kebisingan jika memungkinkan.

    Selain rute, waktu tempuh juga perlu dipertimbangkan. Jika berkendara terlalu lama, mungkin saja anak menjadi lelah atau bosan. Hal ini perlu diperhatikan, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai tempat istirahat jika diperlukan.

    Lalu, estimasikan waktu cadangan, jaga-jaga jika waktu tempuhnya melebihi perkiraan normal. Bisa saja, di tengah jalan anak rewel atau menangis, sehingga perlu berhenti terlebih dahulu.

    • Sediakan Car Seat

    Supaya bisa berkendara yang aman bersama anak yang masih kecil, maka sebaiknya Anda menyediakan car seat. Dengan begitu, posisi duduk anak menjadi semakin aman, Anda tidak perlu takut anak berkeliaran di berbagai kursi.

    Karena posisi anak sudah aman, maka Anda juga bisa lebih berkonsentrasi dalam menyetir. Hal ini akan membuat perjalanan Anda menjadi jauh lebih aman dibanding harus banyak khawatir dengan posisi duduk anak.

    • Jangan Remehkan Pemakaian Sabuk Pengaman

    Memakai sabuk pengaman adalah hal yang wajib dilakukan ketika menggunakan mobil. Hal ini tidak bisa diremehkan, meski perjalanannya terbilang dekat dan cepat.