Berita

    Kenali Cara Merawat Ban Serep Pada Mobil

    Ban serep mobil menjadi salah satu komponen yang harus ada di setiap mobil. Ban ini berfungsi sebagai cadangan dari ban yang sedang terpasang mengalami kendala di keadaan darurat.

    Letaknya yang berada di bagian bawah mobil, membuat beberapa pengendara  mengabaikan kondisi dari ban serep. Padahal, hal ini sangat krusial jika sewaktu-waktu ban utama mengalami kerusakan.

    Parahnya lagi, sebagian pengendara justru memilih untuk melepaskan ban serep dengan alasan mengurangi beban muatan pada kendaraan. 

    Tidak berarti juga ban serep yang masih tersimpan rapi di bawah mobil memiliki kondisi yang baik seperti pertama kali Anda meletakkan ban serep tersebut. Maka dari itu, perlu dilakukan perawatan dan perhatian khusus terhadap kondisi ban serep.

    5 Cara untuk Merawat Ban Serep Mobil

    Sebenarnya, merawat ban serep dengan ban utama tidak ada perbedaan yang cukup signifikan. Namun, banyak yang lebih memprioritaskan ban utama dan mengesampingkan ban serep.

    Pengecekannya pun dapat Anda lakukan sendiri dari rumah sebelum melakukan perjalanan, baik dekat maupun jauh. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat ban serep:

    • Pastikan Kondisi Ban Selalu dalam Keadaan Baik

    Lakukan pengecekan ban serep paling tidak 2-3x dalam sebulan. Anda dapat mengecek bagian karet ban apakah masih baik atau sudah getas karena jarang digunakan.

    Kondisi ban yang sudah menipis juga harus segera dilakukan penggantian dengan yang baru. 

    Intinya, kondisi fisik ban yang sudah tidak layak, diantaranya karet ban yang sudah getas, ban menipis, serta ban yang sudah banyak lubang akibat bekas paku atau baut yang menancap.

    • Memeriksa Tekanan Angin

    Meski tak digunakan, tekanan angin pada ban serep  mobil dapat berkurang lho. Maka dari itu, perhatikan tekanan anginnya minimal sebulan sekali. Biasakan untuk mengisi angin pada ban serep 10 PSI lebih tinggi daripada ban utama.

    Anda dapat mengisi angin ban serep mobil ketika Anda mengisi ban utama pada tempat isi angin di pom bensin. Anda juga dapat meminta saran untuk ukuran tekanan angin yang terbaik sesuai dengan kondisi ban serep saat itu.

    • Gunakan Penutup untuk Ban Serep

    Untuk menjaga kualitas ban tetap baik, tutup ban tersebut dengan sarung penutup. Hal ini dapat menghindari ban terpapar langsung oleh sinar matahari yang berdampak pada kualitas karet ban.

    • Siap Sedia Perkakas dalam Mobil