Berita

    Penyebab Mur atau Baut Roda Mobil Dol

    Baut roda mobil dol bisa saja terjadi. Penyebabnya bisa beragam. Seperti adanya kerusakan pada roda, baut mulai berkarat, atau mungkin kelalaian Anda saat memasang ban. Maka dari itu, agar lebih jelas mari ketahui apa saja yang bisa menyebabkan baut pada roda mobil mulai aus!

    Perhatikan Penyebab Baut Roda Mobil Dol

    Baut selalu dipasangkan dengan mur. Keduanya saling melengkapi. Maka, ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab dari baut roda yang dol. Di antaranya yakni sebagai berikut: 

    • Memasang Baut secara Sembarangan

    Saat memasang baut pada roda mobil, Anda tidak boleh melakukannya secara sembarangan. Pasalnya, itu bisa membuat baut rusak. 

    Bila baut dipasang terlalu kendor, bisa membuat roda mudah terlepas. Sebaliknya, jika Anda memasangnya terlalu kencang, ulirnya akan aus atau dol. Karena itu, pasang baut dengan kekencangan yang secukupnya saja. 

    Untuk memastikan pemasangan yang Anda lakukan sudah tepat, mintalah bantuan tim mekanik dari bengkel resmi. Mereka akan mengecek dan memastikan roda tidak akan lepas dan Anda juga bisa melepas baut dengan mudah. 

    • Ulir atau Drat Mulai Berkarat

    Baut yang aus bisa juga disebabkan karena ada bagian ulir yang sudah berkarat. Korosi bisa saja terjadi karena adanya proses oksidasi di sela-sela ulir. 

    Demi menghindari korosi tersebut, Anda harus merawat kendaraan dengan baik. Pastikan untuk selalu mengecek setiap komponen termasuk pada bagian ulir baut. Bersihkan komponen agar tidak mudah berkarat. 

    • Pemasangan Baut Terlalu Kencang

    Baut memang harus dipasang dengan kencang agar roda tidak lepas saat digunakan untuk berkendara. Namun, memasang terlalu kencang juga bisa merusak kondisi baut dan membuatnya sulit untuk dilepas kembali. Sehingga ketika dibuka membutuhkan waktu yang lama atau bahkan bisa merusak mur itu sendiri karena pemasangan yang sebelumnya terlalu kencang. 

    mur roda terlalu kencang

    Freepik.com

    • Memakai Pelek yang Tidak Sesuai Standar

    Saat modifikasi kendaraan, Anda pasti ingin menggunakan pelek mobil yang keren dan ukurannya tidak sesuai standar. 

    Meskipun mobil tampak keren, tapi itu bisa membuat baut roda mobil dol. Pasalnya, ukuran antara baut dengan roda tidak pas tapi dipaksakan. 

    Oleh karena itu, selalu gunakan pelek mobil yang sesuai standar. Roda lebih aman untuk digunakan berkendara, umur baut pun akan lebih panjang. 

    • Memakai Impact Gun Secara Berlebihan 

    Impact gun bisa disebut sebagai alat yang difungsikan untuk memasang maupun melepas baut pada roda secara cepat. 

    Namun, dalam pemakaiannya, bila menggunakan tenaga berlebih, akan mudah merusak baut roda. Baut pun akan lebih sulit untuk dilepaskan. 

    Oleh karena itu, hindari memakai impact gun secara berlebihan. Berikan tenaga secukupnya untuk melepas atau memasang baut pada roda mobil agar baut tidak mudah dol.

    • Menggunakan Mur Aftermarket

    Ingat, baut selalu berpasangan dengan mur. Maka, menggunakan mur yang aftermarket juga bisa membuat buat cepat aus. 

    Hal tersebut terjadi karena mur bekas bisa membuat pemasangannya tidak pas. Akibatnya, air akan mudah masuk dan membuat proses oksidasi jadi lebih cepat. Baut pun lebih mudah berkarat dan akan sulit untuk dilepas. 

    Demikianlah keenam hal yang bisa menyebabkan baut roda mobil dol. Pastikan untuk mengecek setiap ukuran baut dan mur yang digunakan. Sesuaikan dengan velg standar dari pabriknya. 

    Anda juga bisa datang ke bengkel resmi Suzuki untuk memang maupun melepaskan baut dari roda mobil kesayangan. Dengan begitu, risiko baut yang aus bisa terhindari. Roda pun akan lebih aman dan nyaman digunakan untuk berkendara.