Berita

    Simak Fungsi Return Spring Pada Mobil

    Return spring atau pegas pembalik merupakan salah satu komponen yang menyusun rem tromol. Rem tromol sendiri adalah sebuah sistem pengereman pada kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, yang memanfaatkan prinsip gesekan antara komponen kampas rem dengan komponen lainnya yang berbentuk mangkuk.

    Menjadi bagian dari sistem pengereman rem tromol, pastinya komponen ini memiliki fungsinya sendiri yang berhubungan dengan proses ketika rem bekerja. Pada artikel ini akan dibahas mengenai apa saja fungsi yang dimiliki oleh komponen pegas pembalik ini. Bagi Anda yang penasaran, yuk segera cari tahu lewat artikel ini.

    Fungsi Return Spring pada Sistem pengereman Rem Tromol

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, komponen pegas pembalik merupakan bagian yang menyusun rem tromol. Komponen ini terbuat dari bahan besi lentur yang dibentuk sedemikian rupa hingga pada akhirnya memiliki bentuk jadi spiral.

    Lantas apa fungsi dari komponen tersebut? Komponen pegas pembalik ini, sesuai dengan namanya memiliki fungsi utama untuk mengembalikan sepatu rem ke posisi semula. 

    Ketika proses pengereman pada rem tromol ini terjadi, sepatu rem dengan mendapat dorongan dari pedal rem yang diinjak akan bergerak maju yang kemudian akan menempel pada tromol rem.

    Kemudian saat pedal rem sudah tidak lagi diinjak, maka posisi sepatu rem akan kembali pada posisi awal. Kembalinya sepatu rem ke posisi awal ini bisa terjadi dengan sempurna apabila komponen pegas pembalik tersebut menjalankan fungsinya dengan baik. 

    Jenis Return Spring

    Komponen spring atau pegas pembalik terbagi ke dalam dua jenis. Pembagian jenis dari pegas pembalik ini dilakukan berdasarkan cara kerja dan posisi atau letak dari komponen spring tersebut. Terdapat dua jenis spring pembalik, yaitu:

    • Pegas Pembalik Bagian Bawah (Lower Spring)

    Jenis pegas pertama yaitu dinamakan lower spring. Komponen spring ini memiliki fungsi untuk menjaga agar sepatu rem bisa menekan setelan pada rem tromol atau disebut juga dengan brake shoe adjuster.

    Pegas pembalik ini dipasang pada area samping dari brake shoe adjuster tersebut supaya fungsinya bisa dilakukan dengan maksimal.

    • Pegas Pembalik Bagian Atas (Upper Spring)

    Sementara untuk jenis kedua, yaitu komponen spring yang memiliki posisi di bagian atas, lebih tepatnya berada di bawah silinder roda (wheel cylinder).