Berita

    Ketahui Penyebab Klakson Mobil Mati dan Cara Memperbaikinya

    Klakson mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk menjaga keselamatan Anda ketika berkendara. Oleh karena itu, kondisi klakson mobil mati tidak bisa disepelekan atau dibiarkan saja.

    Pasalnya, Anda tidak tahu kapan kondisi mendesak dan mendadak dapat terjadi di jalan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya ketahui dulu penyebab klakson mobil yang mati dan cara memperbaikinya!

    6 Penyebab Klakson Mobil Mati

    Ada 6 hal yang menyebabkan klakson pada mobil Anda mati. Berikut adalah masing-masing poin beserta penjelasannya:

    • Kabel Klakson Bermasalah atau Putus

    Jika terdapat permasalahan pada kabel klakson, seperti putus, ini akan menyebabkan klakson mobil Anda mati. Soalnya, kabel ini terhubung langsung ke tombol klakson dan klakson itu sendiri.

    Jika kabel putus, klakson tidak akan bekerja. Untuk memperbaikinya, Anda harus mengganti kabel klakson yang putus.

    • Saklar Klakson Rusak

    Saklar klakson memiliki fungsi untuk mengontrol aliran arus listrik dari baterai ke bagian klakson. Jika saklar rusak, arus listrik tidak akan terkirim dan klakson tidak dapat berfungsi. Jadi, segera perbaiki atau ganti saklar klakson Anda yang rusak.

    • Kelistrikan Mobil Bermasalah

    Penyebab selanjutnya adalah sistem kelistrikan mobil yang bermasalah. Hal ini bisa disebabkan oleh kabel yang terputus atau kerusakan lain pada komponen kelistrikan mobil. 

    Langsung periksa kabel dan komponen kelistrikan mobil untuk menemukan titik masalahnya. Lalu, ganti komponen yang rusak dengan yang baru.

    • Klakson Mobil Rusak

    Kerusakan dapat menjadi faktor penyebab klakson mobil mati. Ini terjadi karena ada bagian-bagian dalam klakson yang aus atau terkikis. Sehingga, klakson tidak bisa berfungsi dengan baik.

    • Relay Klakson Bermasalah

    Relay klakson memiliki fungsi untuk mengatur dan memperkuat arus listrik dari saklar klakson dan mengirimkannya ke klakson. Jika komponen ini bermasalah, klakson tidak akan berfungsi atau menghasilkan suara. 

    • Tombol Klakson Bermasalah

    Tombol klakson merupakan bagian yang memicu munculnya suara bunyi. Jika terdapat masalah di bagian ini, sudah pasti klakson tidak akan berfungsi. 

    Penyebab tombol klakson bermasalah biasanya disebabkan oleh tombol yang terlalu sering dipakai atau sudah aus dan penumpukan kotoran di sekitar tombol sehingga menghambat kerja tombol klakson.

    Cara Memperbaiki Klakson Mobil yang Mati