Berita

    Inilah Perbedaan Antara Kunci Pas dan Kunci Ring

    Apa Fungsi Kunci Pas dan Ring?

    Dalam satu set peralatan perbengkelan terdapat berbagai macam dan jenisnya yang berfungsi mendukung kinerja perbaikan kendaraan. Salah satunya adalah kunci pas dan kunci ring. Lalu, kira-kira apa perbedaan antara fungsi kunci pas dan kunci ring tersebut? Berikut ulasannya.

    Terdapat beberapa perbedaan fungsi kunci pas dengan kunci ring. Namun, ada juga perbedaan berdasarkan berbagai faktor lain diantaranya adalah:

    • Berdasarkan Bentuknya

    Perbedaan kunci pas dan kunci dapat dilihat secara langsung. Kunci pas mempunyai bentuk tangkai yang lebih pendek ketimbang kunci ring. Dan gaya tuas yang dihasilkan kunci ring lebih besar ketimbang kunci pas.

    Pada kunci pas dibagian ujungnya terdapat  rahang kunci dengan sudut 15 derajat. Namun, ada juga kunci pas yang dibuat dengan rahang yang mempunyai sudut 90 derajat.

    Pada ujung kunci terdapat dua rahang dengan ukuran yang berbeda yang satunya 10 milimeter dan satunya lagi 11 milimeter. Sementara untuk jenis kunci pas metik mempunyai ukuran rahang 4 milimeter sampai 80 milimeter.

    Dan di bengkel paling sering menggunakan kunci pas yang berukuran 6 milimeter sampai 36 milimeter. Dengan pengecualian ukuran 35, 34, 33, dan 31.

    Sementara kunci ring mempunyai ujung rahang bulat yang berfungsi untuk menutupi sisi luar baut yang akan dilepas atau dikencangkan. 

    Selain itu kunci ring ini juga mempunyai bentuk desain rahang berupa hexagonal. Fungsinya untuk memudahkan proses kerja di celah-celah sempit. Dan kunci ring matic mempunyai ukuran mulai nomor 6, 7, 8, dan seterusnya. 

    • Berdasarkan Bahan Pembuatannya

    Kunci pas terbuat dari campuran logam chrome vanadium.  Sementara kunci ring terbuat dari bahan besi dan material toolkit.

    • Berdasarkan Cara Penggunaannya

    Cara penggunaan kunci pas dan ring hampir sama. Gunakan kunci pas atau kunci ring yang sesuai dengan ukuran baut atau mur. Misalnya ukuran baut 10 milimeter maka untuk melepaskannya gunakan ukuran kunci pas 10 milimeter juga.

    Selain itu, pastikan saat menggunakan peralatan kunci pas atau kunci ring ini dengan hati-hati agar tidak merusak bagian baut atau mur serta komponen lainnya. Pastikan posisi kunci lurus dan pas berada di bagian kepala baut agar lebih mudah dilepaskan. 

    • Berdasarkan Fungsi Kerjanya

    Kunci pas fungsinya untuk mengencangkan dan melepaskan baut atau mur. Namun, sebelumnya sudah sedikit dikendorkan oleh kunci ring. Proses pelepasan atau pengencangan kunci pas lebih cepat ketimbang kunci ring. Kelebihan kunci pas ini bisa dipakai untuk ruangan yang sempit.