Berita

    Ketahui Gejala PCV Valve Rusak Pada Mobil

    PCV atau Positive Crankcase Ventilation merupakan komponen pada mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan gas berlebih yang terdapat pada ruang mesin. Uap tersebut kemudian akan dikirim kembali menuju silinder untuk melalui proses pembakaran. 

    Tidak menutup kemungkinan PCV valve mengalami kerusakan yang akan berpengaruh pada performa kendaraan Anda. Untuk itu, anda perlu mengetahui lebih jelas mengenai gejala PCV valve rusak agar dapat melakukan pencegahan atau penanganan yang tepat. 

    Bagaimana Cara Kerja PCV Valve?

    PCV valve atau katup PCV sendiri memiliki cara kerja tersendiri yakni mengalirkan gas secara dua arah dan berubah-ubah sesuai dengan kondisi kevakuman komponen intake seperti : 

    • Pada saat mesin mati, katup PCV akan menutupi udara yang masuk
    • Pada saat mesin stasioner, katup PCV akan membuka dan mengakibatkan blow by pada udara dan menuju intake
    • Pada saat mesin dalam kondisi normal, katup PCV akan membuka lebih besar yang menyebabkan aliran blow by gas akan semakin banyak menuju intake
    • Pada saat mesin memiliki beban tinggi, PCV akan semakin lebar dibandingkan pada saat dalam kondisi normal

    Gejala Katup PCV Valve Rusak 

    Komponen satu ini sangat rentan mengalami kerusakan, maka dari itu, untuk mendeteksi terjadinya kerusakan, Anda perlu mengetahui gejala apa saja yang mungkin terjadi pada saat komponen ini mengalami kerusakan, diantaranya : 

            1. Katup PCV Tersumbat atau Tertutup

    Gejala dapat dilihat dari meningkatnya tekanan dalam mesin seperti gasket yang failed, oli bocor, terdapat lumpur atau air dalam mesin, dan sering munculnya asap hitam pada mesin motor. 

            2. Katup PCV Macet atau Putus 

    Hal ini dapat disebabkan oleh adanya kekurangan cairan udara pada mesin, terdapat oli pada katup PCV, penggunaan bensin yang terlalu berlebihan, penggunaan bensin yang berlebihan, mesin yang sangat keras, kosong dan tidak menyala. 

            3. Katup PCV yang Terbuka

    Lampu yang terdapat pada Check Engine menyala. 

    Cara Mengecek Katup PCV yang Rusak 

    Berikut ini beberapa langkah untuk mengecek PCV valve rusak : 

    • Melepaskan Katup PCV

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melepaskan katup PCV dari penutupnya. Namun pastikan selangnya terpasang.