Berita

    Tips Aman Mengganti Karet Pintu Mobil dan Biayanya

    Pintu mobil yang sulit tertutup rapat akibat karet pintu mobil yang sudah aus adalah masalah umum yang dapat dialami oleh pemilik mobil. Kondisi ini tidak hanya mengurangi kenyamanan berkendara, tetapi juga dapat mengakibatkan masalah kebocoran air dari luar.

    Selain itu, pintu yang tidak tertutup rapat akibat segel karet yang rusak juga bisa menimbulkan suara bising yang mengganggu kenyamanan berkendara. Jadi, ketahui bagaimana tips dan cara aman untuk mengganti karet segel pintu mobil beserta biayanya.

    Tips dan Cara Aman Mengganti Karet Pintu Mobil

    Selain dilakukan oleh bengkel terpercaya, Anda juga bisa mengganti sendiri segel karet pada pintu mobil yang sudah aus. Untuk melakukannya, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa di antaranya:

    • Identifikasi Masalah

    Sebelum melakukan penggantian, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi jenis masalah atau kerusakan pada karet segel pintu mobil Anda. Perhatikan apakah ada retakan, sobekan, atau aus pada karet tersebut.

    • Siapkan Alat dan Material

    Setelah masalahnya berhasil diidentifikasi, Anda bisa mempersiapkan alat dan material yang diperlukan. Jika karetnya perlu diganti, siapkan segel karet yang baru sesuaikan dengan model kendaraan Anda.

    • Lakukan Penggantian

    Selanjutnya, Anda sudah bisa mengganti karet pintu mobil sendiri dengan mengikuti cara dan tips sebagai berikut:

    1. Buka pintu mobil dengan hati-hati, pastikan berada dalam posisi yang stabil.

    2. Buka lapisan penutup karet pintu yang terletak dekat dengan jok mobil.

    3. Cabut karet pintu yang lama secara melingkar sepanjang pintu mobil.

    4. Pasang karet pintu yang baru dengan posisi bagian karet balon menghadap ke sisi luar pintu.

    5. Untuk memasangnya, cukup tempelkan dan pukul-pukulkan karet tersebut agar menempel dengan sempurna pada pintu mobil. Pastikan karet ditempel dengan rapi tanpa lipatan.

    6. Selama memasang karet yang baru, perhatikan titik-titik kaitan pada pintu mobil. Pastikan karetnya masuk ke dalam kaitan tersebut dengan baik. Hal ini penting agar karet tidak longgar atau bergeser dari posisinya.

    7. Potong bagian sisa karet yang tidak terpakai dengan hati-hati. Pastikan potongan karet tidak menutupi lubang pada lapisan penutup karet.

    8. Terakhir, tutup kembali lapisan penutup karet segel pintu mobil dengan hati-hati. pastikan bahwa semua bagian karet sudah tertutup dengan rapi.

    iStock

    Biaya untuk Mengganti Karet Segel Pintu Mobil