Berita

    Wajib Tahu! Ini Tekanan Ban Mobil yang Ideal

    Memastikan tekanan ban mobil memang terkadang terkesan sepele dan seringkali tak diperhatikan oleh sebagian orang.  Padahal hal ini berperan sangat penting terutama ketika sedang melaju di jalan. 

    Tingkat tekanan angin pada ban ini tidak hanya penting untuk kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang, namun penting juga bagi keselamatan pada saat berkendara. Untuk mengetahui seperti apa tenakan ban yang ideal, baca ulasan lengkapnya berikut! 

    Alasan Pentingnya Rutin Cek Tekanan Ban Mobil

    Mengecek tekanan angin ban tetap ideal sangatlah penting. Berikut adalah beberapa alasan yang perlu diperhatikan: 

    • Terkait Stabilitas Kendali Mobil

    Tekanan angin pada ban mobil perlu diperiksa secara rutin karena berkaitan dengan stabilitas kendali mobil. Apabila ban mobil sampai mengalami gangguan, tentu akan mempengaruhi dalam menjaga kendali mobil agar tetap stabil. 

    Jika tekanan angin terlalu rendah, akan membuat permukaan ban tidak dapat menempel sempurna ke permukaan jalan. Begitupun jika tekanan angin terlalu tinggi juga akan membuat kendali mobil menjadi sulit.  

    • Mempengaruhi Kenyamanan Berkendara 

    Kondisi ban tentu akan sangat mempengaruhi kenyamanan pada saat berkendara baik untuk pengemudi maupun penumpang. Apabila terdapat kendala pada komponen satu ini, tentu akan mempengaruhi keseluruhan mobil.

     

    kenyamanan berkendaraFreepik.com

    Dengan tekanan ban mobil yang ideal tentunya akan membantu mereduksi tingkat turbulensi angin sehingga goncangan pada saat berkendara pun dapat diredam.    

    • Meminimalisir Terjadinya Kecelakaan 

    Dengan menjaga tekanan angin pada ban tetap ideal, nyatanya dapat meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan. Ban yang ideal tentu akan membuat mobil terasa lebih stabil saat di perjalanan.  

    • Usia Ban Mobil Lebih Tahan Lama

    Dengan rutin memeriksa tekanan angin ban, nyatanya menjadi salah satu cara untuk memperpanjang usia ban secara efisien. Tekanan ban yang rendah bisa membuat ban lebih cepat tipis. 

    Apabila kondisi tersebut dibiarkan berulang, ban akan lebih cepat rusak dan membuat Anda mau tidak mau menggantinya dan  mengeluarkan uang lebih besar lagi.   

    • Dapat Membantu Menghemat Bahan Bakar 

    Sekalipun hal ini tidak berhubungan secara langsung, namun nyatanya tekanan angin pada ban juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. 

    Tekanan ban yang tidak sesuai standar akan membuat posisi ban menjadi kurang ideal dan membuat laju mobil tidak stabil.