Berita

    Hal-Hal yang Harus Dihindari pada Saat Belajar Mengemudi

    Mengemudi menjadi salah satu skill yang sangat penting untuk mendukung mobilitas sehari-hari. Itu sebabnya banyak orang berbondong-bondong belajar mengemudi kendaraan bermotor, baik itu roda dua maupun roda empat.

    Belajar menyetir mobil sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan memiliki pembekalan yang cukup seputar seluk-beluk berkendara. Berikut ini ada beberapa hal yang harus dihindari saat belajar menyetir mobil!

    8 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Belajar Mengemudi

    Ada banyak hal yang harus dipelajari saat belajar menyetir mobil. Selain memahami cara mengoperasikan mobil pengemudi pemula juga harus mencari tahu hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan. 

    Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat belajar menyetir mobil yang perlu dihindari:

    • Menghiraukan Zebra Cross

    Fungsi zebra cross adalah sebagai tempat menyeberang bagi pejalan kaki. Jika mengabaikannya kemungkinan menabrak pejalan kaki akan semakin tinggi. 

    Kurangi kecepatan mobil ketika di depan jalan terdapat zebra cross untuk meminimalisir insiden menabrak pejalan kaki. 

    • Arah Laju Mobil Tidak Stabil

    Saat belajar menyetir, kebanyakan orang mengabaikan kontrol setir karena konsentrasinya teralihkan saat memindah gigi atau transmisi. Hal tersebut tentu membuat arah laju mobil menjadi ke kiri dan ke kanan karena setir tidak terkontrol. 

    • Pandangan dan Konsentrasi Teralihkan

    Saat mengemudi pandangan seharusnya fokus menatap ke depan jalan.

    pandangan teralihkanFreepik.com

    Namun banyak pengemudi yang baru belajar gagal memfokuskan pandangannya karena melihat sesuatu yang menarik di jalan. 

    • Salah Mengambil Jalur 

    Beberapa orang yang baru belajar mengemudi mobil sering salah mengambil jalur karena kurang konsentrasi. 

    Kesalahan ini tentu sangat membahayakan keselamatan, itu sebabnya seseorang yang sedang belajar menyetir harus didampingi instruktur yang berpengalaman. 

    • Terlalu Fokus Melihat ke Arah Depan

    Saat mengemudi memang diwajibkan untuk fokus melihat ke arah depan. Tapi bukan berarti tidak boleh menoleh ke kanan dan kiri, justru saat menyetir pengendara harus bisa menjangkau pandangan dari berbagai sudut. 

    Hal tersebut bertujuan agar pengendara bisa memantau kondisi di sekitarnya untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

    • Tidak Memperhatikan Spion

    Saat berlatih menyetir mobil pastikan Anda selalu memperhatikan kaca spion. Tidak hanya kaca spion samping tapi juga spion tengah untuk melihat kondisi di belakang mobil. 

    Berkendara tanpa memperhatikan spion tentu sangat berbahaya apalagi saat menyalip kendaraan di depan. 

    Sebelum menyalip pastikan kondisi jalan di samping kanan dan di belakang mobil dalam keadaan aman (tidak ada kendaraan yang melaju kencang). 

    • Memasuki Jalan Satu Arah

    Kurangnya pengetahuan seputar rambu-rambu lalu lintas akan membuat seseorang melakukan banyak kesalahan saat mengemudi. 

    Salah satunya memasuki jalan satu arah secara berlawanan, kesalahan ini tentu sangat berbahaya dan berisiko mengalami kecelakaan.

    Jika mengalami insiden ini sebaiknya segera hentikan mobil lalu mundurkan secara perlahan-lahan hingga ke ujung jalan atau ke sisi kiri. 

    • Ragu Memutar Setir saat Berbelok

    Kesalahan ini juga sering dialami orang-orang yang sedang belajar menyetir mobil. Rasa ragu memutar setir ketika berbelok biasanya terjadi karena belum mampu memperkirakan posisi yang tepat saat berbelok.

    Kebanyakan takut memutar setir hingga habis saat melewati belokan 90 derajat. Namun kesalahan ini dapat diatasi dengan sering-sering berlatih di tanah lapang agar tidak mengganggu pengguna jalan lain. 

    Melakukan kesalahan saat belajar mengemudi bisa dimaklumi karena tidak semua orang bisa mahir dalam satu kali latihan. Jika terjadi kerusakan saat berlatih menyetir Anda bisa memperbaikinya ke bengkel resmi Suzuki terdekat. 

    Dapatkan pelayanan prima dari teknisi ahli yang sudah profesional di bidang perbaikan mobil. Kualitas sparepart yang disediakan juga terjamin kualitas dan keasliannya, sehingga tidak perlu diragukan lagi.