Berita

    Cara Melewati Rel dengan Aman saat Mengemudi

    Laman Good Stats mencatat 188 kasus kecelakaan di perlintasan kereta api pada Januari hingga Agustus 2022. Jumlah tersebut termasuk diantaranya pengemudi mobil. Untuk mencegahnya, dapat dimulai dari memperbaiki cara melewati rel kereta api pada saat mengemudi. 

    Terdapat banyak cara untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan ketika hendak melewati rel kereta api. Untuk mengetahuinya lebih jelas, pastikan Anda tidak melewatkan artikel berikut ini terlebih dahulu!

    7 Cara Melewati Rel Kereta Api dengan Aman saat Berkendara

    Penting bagi Anda untuk meningkatkan kewaspadaan pada saat hendak melewati rel kereta api saat mengemudi, berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

    • Mengurangi Kecepatan 

    Cara melewati rel kereta api yang pertama adalah pada saat Anda mulai mendekati perlintasan rel kereta api, Anda perlu meningkatkan kewaspadaan dengan cara mengurangi kecepatan laju kendaraan Anda. 

    Pastikan Anda memberhentikan kendaraan apabila sudah terlihat tanda-tanda kemunculan kereta yang biasanya ditandai dengan ditutupnya palang perlintasan kereta. 

    Sekalipun tidak ada tanda-tanda kereta akan lewat, ketika Anda mendekati rel kereta api, pastikan Anda menengok ke arah kiri dan kanan untuk lebih memastikan tidak ada kereta yang hendak lewat.

    • Berhati-hati Saat Melintas

    Setiap perlintasan kereta api tentunya memiliki kontur tanah yang berbeda-beda. Pada umumnya, jalan yang mendekati perlintasan kereta akan dibuat sedikit menanjak bahkan terkadang licin ketika dilalui. 

    Tak hanya itu, biasanya kerikil dari perlintasan kereta api menjadi berserakan hinggal ke jaalan karena tergilas oleh kereta api. Maka dari itu Anda perlu tetap berhati-hati ketika melintas di perlintasan kereta api. 

    • Menjaga Jarak Aman

    Cara melewati rel kereta api dengan aman lainnya adalah dengan menjaga jarak antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya. Hal ini bertujuan sebagai bentuk antisipasi apabila terjadi keasaan darurat saat kereta api melintas. 

    Pastikan Anda tidak menempatkan mobil terlalu dekat dengan rel kereta api menghindari mobil Anda terkena badan kereta api. 

    •  Menurunkan Posisi Mobil ke Gigi Manual

    Apabila  Anda mengendarai mobil dengan transmisi manual, Anda dapat menurunkan ke gigi 1 yang bertujuan untuk dapat mengantisipasi apabila mesin mobil mendadak mati di tengah-tengah rel. Hal ini dapat terjadi karena putaran mesin yang tidak stabil. 

    rel kereta api

    Pexels.com

    • Mewaspadai Rel Kereta Tidak Sejajar  

    Pada saat Anda melewati rel kereta yang kondisinya tidak sejajar, usahakan Anda memposisikan roda kendaraan sejajar dengan rel. Dan pastikan kecepatan kendaraan Anda rendah sehingga dapat lebih mudah untuk dikendalikan. 

    Apabila Anda merasa tidak mampu melewatinya, jangan pernah memaksakannya. Ada baiknya Anda menunggu hingga kereta sudah selesai melintas.

    • Tidak Panik saat Mengalami Masalah 

    Pernahkan Anda mengalami kendaraan tiba-tiba mogok di tengah perlintasan kereta api? Hal semacam ini seringkali terjadi dan pada beberapa kondisi menyebabkan kecelakaan. 

    Apabila Anda mendapati kendaraan Anda mogok di tengah perlintasan, disarankan bagi Anda untuk tetap tenang. 

    Cobalah untuk mencari tahu sumber masalahnya terlebih dahulu, jika masih tidak bisa menemukannya, Anda dapat meminta bantuan orang sekitar atau petugas yang menjaga perlintasan untuk membantu mendorong mobil, setidaknya hingga keluar dari rel.