Berita

    Ketahui Knocking Pada Mesin Suzuki

    Knocking adalah keadaan dimana timbul bunyi atau getaran dari mesin saat proses akselerasi. Proses knocking adalah berulang dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan kerusakan pada mesin. 

    Selain itu, suara ketukan mesin yang cukup keras ini juga sangat mengganggu pengemudi mobil. Untuk mengatasinya, sebaiknya segera cek kondisi mesin dan cari tahu apa penyebab terjadinya ketukan mesin. 

    Ada banyak hal yang menyebabkan detonasi, salah satunya karena pembakaran di dalam ruangan yang tidak sempurna. 

    Detonasi biasanya ditimbulkan akibat perpaduan pembakaran antara udara dan bahan bakar yang tidak sesuai. Dan menyebabkan gerakan pada komponen mesin seperti piston, dan bagian dalam mesin lainnya. 

    Gerakan tersebut lama-lama akan merusak bagian sparepart dan  secara otomatis mengganggu kinerja mesin. Sehingga dipastikan performa mesin mobil pun menurun. 

    Selain itu, faktor internal di atas, ada beberapa penyebab detonasi pada mesin mobil diantaranya: 

    Inilah 4 Penyebab Knocking Pada Mesin Mobil

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan suara ketukan pada mesin, berikut detail ulasannya:

    • Jumlah Suplai Antara Bahan Bakar dan Udara yang Tidak Tepat

    Penyebab terjadinya knocking pada mesin adalah perpaduan jumlah suplai antara bahan bakar dan udara yang tidak tepat. Hal ini bisa terjadi akibat kesalahan sensor mesin injeksi.

    Karena kesalahan pembacaan sensor ini menyebabkan jumlah bahan bakar yang lebih besarnya dari kondisi normal.

    • Pemakaian Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

    Penyebab detonasi selanjutnya adalah kesalahan pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai. Pasalnya setiap jenis atau tipe mobil memiliki kebutuhan bahan bakar dengan rasio kompresi oktan yang berbeda-beda.

    Biasanya mesin yang bertekanan tinggi membutuhkan rasio kompresi oktan yang lebih tinggi. Begitupun sebaliknya, mesin yang bertekanan rendah membutuhkan rasio oktan yang rendah.

    Untuk itu, sebaiknya pakai bahan bakar yang sesuai rasio kompresi oktannya. Sebab, apabila salah pemakaian bahan bakar tidak hanya menyebabkan denotasi tetapi juga kinerja mobil jadi menurun.

    Dan pastikan juga Anda tidak gonta-ganti BBM, pastikan Anda secara konsisten memakai satu jenis bahan bakar yang sesuai dengan rasio kompresi oktan mesin mobil.

    • Deposit Dinding Silinder

    Penyebab knocking adalah pemakaian bahan bakar dengan kualitas yang rendah juga bisa menyebabkan deposit dinding silinder. Dinding silinder ini merupakan ruangan untuk pembakaran mesin.