Berita

    Manfaat Memanaskan Mobil dan Dampaknya

    Memanaskan mobil secara teratur sebelum digunakan ternyata sangat berpengaruh pada durabilitas kendaraan. Jangan abaikan rutinitas ini, karena banyak manfaat dari proses pemanasan mesin mobil yang perlu Anda pahami.

    Terutama bagi Anda yang memiliki mobil jenis non-injeksi atau konvensional, ritual pemanasan mobil selama kira-kira 5 menit ini merupakan tindakan penting yang harus Anda lakukan. Dengan demikian, Anda bisa menjaga performa dan keawetan mobil Anda.

    Berbagai Manfaat dari Rutinitas Memanaskan Mobil

    Bagi Anda yang memiliki mobil dengan mesin konvensional tanpa injeksi, rutinitas pemanasan mesin adalah tindakan yang sangat dianjurkan. 

    Namun, Anda tidak perlu memanaskan mesin dalam durasi yang lama, cukup sampai indikator suhu mesin berada di posisi tengah.

    Sementara itu, untuk mobil dengan mesin injeksi, pemanasan mesin bukan sebuah keharusan. Hal ini disebabkan oleh adanya Electronic Control Unit atau ECU yang mengendalikan proses pembakaran pada mesin.

    Tapi, sesekali memanaskan mesin mobil injeksi tidaklah menjadi masalah. Ini hanya soal pilihan dan kebiasaan masing-masing pemilik kendaraan. Jadi, inilah sederet manfaatnya:

    • Menjaga Sirkulasi Oli

    Keuntungan lain dari rutin memanaskan mobil adalah untuk memfasilitasi sirkulasi oli yang merata ke seluruh komponen yang ada di dalam mesin mobil.

    Meskipun mesin mobil modern memiliki presisi yang lebih baik dan mampu memberikan sirkulasi oli dengan cepat, tetapi mengabaikan pemanasan awal sebelum penggunaan bisa berdampak negatif pada komponen-komponen lainnya.

    Oleh karena itu, penting untuk tetap memanaskan mesin mobil secara rutin agar semua bagian mesin dapat berfungsi dengan baik dan terhindar dari potensi masalah.

    • Membantu Komponen untuk Memuai

    Hal ini lebih berlaku bagi mobil generasi tahun 1990-an atau sebelumnya. Alasannya, mobil produksi tahun tersebut memiliki jarak antar komponen internal mesin yang lebih lebar. Selain itu, ukuran komponen tidak seakurat mobil modern.

    Ditambah lagi, teknologi dan material mesin yang lebih sederhana membuat komponen-komponen tersebut memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai pemanasan optimal.

    Selain itu, perlu Anda ingat untuk tidak terburu-buru memanaskan mesin. Biarkan mesin mencapai level panas yang pas. 

    Apabila suhu kerja mesin telah mencapai level yang sesuai, mesin akan dapat berfungsi dengan maksimal dan efisiensi serta performanya dapat terjaga dengan baik.

    • Menjaga Instalasi Kelistrikan Mobil