Berita

    Ini Pentingnya Wiper Belakang bagi Keselamatan Berkendara

    Penggunaan wiper bagian kaca depan tentu sudah biasa dan sering bagi pengendara roda empat, terlebih lagi jika musim hujan tiba. Namun, terkadang pengemudi mengabaikan wiper belakang dan tidak menggunakannya.

    Padahal, fungsi wiper bagian belakang sama pentingnya seperti wiper bagian depan. Simak ulasan fungsi penting wiper di bagian belakang mobil Anda berikut ini!

    5 Fungsi Penting Wiper Belakang pada Mobil Anda!

    Rear wiper atau wiper bagian belakang dirancang khusus untuk kendaraan roda empat dan memiliki fungsi penting. Contohnya saja seperti membersihkan debu atau kotoran, menghapus embun dan melindungi kaca belakang dari air hujan.

    Maka dari itu, tidak heran jika fungsi dari wiper bagian belakang sama seperti wiper bagian depan. Sebagai pengendara mobil tentu Anda wajib memperhatikan fungsi-fungsi wiper bagian belakang lainnya seperti berikut ini:

    • Meningkatkan Pandangan Bagian Belakang

    Ketika mengendarai mobil, Anda tentu tidak hanya fokus pada pandangan jalan di depan. Terkadang, memeriksa bagian belakang lewat kaca rear view juga penting untuk berkendara lebih aman dan nyaman.

    Maka dari itu, fungsi wiper bagian belakang adalah meningkatkan pandangan atau visibilitas pengemudi ketika sedang melihat ke arah belakang kendaraan. 

    Bayangkan Anda jarang membersihkan kaca belakang mobil, Anda akan mengalami kesulitan dan tidak nyaman berkendara.

    • Mencegah Kondensasi Kaca Mobil

    Fungsi kedua dari wiper belakang mobil adalah mencegah kondensasi kaca mobil. Kondensasi biasanya terbentuk karena adanya embun akibat perubahan suhu yang muncul pada kaca. Jika embun ini muncul, maka akan mengganggu Anda ketika melihat ke arah belakang mobil.

    wiper belakang

    Selain itu, jika masalah kondensasi kaca mobil tidak diatasi secara segera, maka potensi kaca berjamur akan semakin tinggi. Oleh karena itu, rutin menggunakan wiper bagian belakang mobil agar kaca belakang mobil jernih dan bersih.

    • Memberikan Kenyamanan Berkendara

    Kenyamanan saat berkendara adalah hal yang wajib dimiliki oleh pengemudi. Maka dari itu, jika keadaan kaca depan dan belakang jernih dan bersih alias tidak menghalangi pandangan, tentu pengemudi mobil juga merasa nyaman.

    Wiper bagian belakang dapat membantu memberikan kenyamanan Anda dalam berkendara. 

    Karena jika Anda rutin menggunakan wiper untuk membersihkan kaca bagian belakang, maka kaca akan bersih dan tidak menghalangi penglihatan Anda ke belakang mobil.

    • Mencegah Kecelakaan

    Manfaat wiper bagian belakang mobil yang paling penting adalah mencegah kecelakaan terjadi, terlebih jika kondisi di jalan hujan lebat. Hal ini karena fungsi wiper bagian belakang adalah sebagai alat yang dapat meningkatkan visibilitas pengendaranya.

    Jika pengendara mobil dapat melihat secara jelas kendaraan yang berada di depan dan di belakang, maka kecelakaan akan dapat dicegah. 

    Begitu pun sebaliknya, misal kondisi kaca belakang tidak optimal dan menghalangi visibilitas, pengemudi kemungkinan dapat mengalami kecelakaan.

    • Membantu Manuver Belakang Mobil

    Kondisi kaca belakang mobil yang bersih dan jernih dapat bermanfaat baik jika Anda menggunakannya untuk parkir mundur dan berpindah jalur. 

    Di sinilah fungsi penting wiper bagian belakang, yaitu membantu pandangan pengemudi lebih baik ketika melakukan manuver tersebut.

    Jika Anda tidak secara berkala untuk memanfaatkan wiper bagian belakang, kondisi kaca belakang yang kotor dan berdebu akan menghalangi pandangan. Hal tersebut tentu membuat Anda melakukan manuver mobil.

    Kesimpulannya adalah bahwa wiper belakang mobil Anda sama pentingnya seperti wiper bagian depan. Walaupun terkadang pengendara mobil sering mengabaikan komponen satu ini. Mulai sekarang, gunakan wiper bagian belakang secara rutin jika diperlukan.