Berita

    Featured Image

    Kenali Tune Up Mobil

    Tune up mobil adalah salah satu tindakan pencegahan yang harus dilakukan oleh para pemilik agar performa dan kondisi mesin mobil tetap terjaga meskipun sudah lama dipakai. 

    Anda tentu saja tidak perlu melakukan tune up pada mobil setiap hari. Beberapa merek mobil merekomendasikan waktu-waktu tertentu misalnya Toyota yang merekomendasikan untuk melakukan Tune up dan mengganti oli pada setelah speedometer menginjak angka 10.000 mil.

    Komponen yang Wajib Dicek Saat Tune Up Mobil

    Tapi tahukah Anda pemeriksaan komponen tune up mobil ada apa saja? Berikut ini daftarnya:  

    • Bagian Mesin

    Tentu saja, ini adalah nyawa dari setiap mobil. Sebagian besar mobil di masa kini menggunakan mesin pembakaran internal berbahan bakar bensin. Dalam komponen mesin Anda dapat menemukan beberapa silinder, dan setiap silinder memiliki ruang bakarnya sendiri. Ini berarti bahwa ukuran mesin merupakan faktor utama yang mempengaruhi kekuatan keseluruhan mobil.

    Faktor lain seperti jenis transmisi dan waktu pembakaran juga akan menentukan performa kendaraan. Tak perlu diragukan lagi bahwa mesin dapat dianggap sebagai jantung mobil Anda sehingga bagian ini memerlukan pemeriksaan rutin.

    • Rem Mobil

    Dari segi keamanan, sistem pengereman mobil dapat dianggap sebagai salah satu bagian terpenting dari mobil Anda. Biasanya, Anda harus berkonsultasi dengan mekanik profesional saat melakukan tune up mobil untuk mengetahui apakah Anda perlu mengganti bantalan rem atau rotor. 

    Namun, biasanya ada tanda peringatan yang dengan jelas memberitahu Anda bahwa sudah waktunya untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel mobil. Contohnya bunyi decitan dan kerasnya pedal saat diinjak. 

    • Ban

    Tanpa ban, mobil sebagus apapun tidak akan bisa berjalan. Karena ban Anda secara harfiah adalah bagian dari kendaraan Anda yang menyentuh jalan, penting untuk menjaganya dalam kondisi yang baik. 

    Ban yang aus atau tua dapat menyebabkan berbagai masalah misalnya cengkraman ban ke jalan yang terganggu karena tapak yang aus. Ban mudah bocor, Anda jadi kesulitan mengerem atau bahkan masalah keseimbangan saat mengemudi. 

    • Baterai Aki