Berita

    Fungsi Coil Spring pada Mobil

    Pegas atau per merupakan salah satu komponen penting dalam sistem suspensi pada mobil Anda. Untuk berbagai jenis mobil modern yang saat ini banyak beredar di pasaran, salah satu pegas yang menjadi pilihan adalah coil spring atau yang disebut juga dengan per keong.

    Per jenis ini cukup populer dan banyak digunakan karena dinilai memiliki tingkat efektivitas yang cukup besar. Dengan efektivitas ini, maka dapat memberikan berbagai keuntungan untuk sistem suspensi mobil.

    Fungsi Coil Spring

    Untuk mengatur kendali dan laju kendaraan, maka bukan hanya mesin penggerak yang perlu bekerja optimal. Sistem suspensi pada mobil juga perlu mengimbangi kinerja dari mesin penggerak, sehingga kendali mobil menjadi lebih halus, aman, dan nyaman.

    Supaya laju kendaraan tetap stabil bahkan jika perlu berkendara di jalan yang kurang rata, maka dibutuhkan per yang baik. Per jenis ini memiliki berbagai fungsi, berikut adalah penjelasan setiap fungsinya.

    • Membuat Kendali Lebih Stabil

    Fungsi pertama yang sangat vital adalah dapat membuat kendali mobil Anda jadi lebih stabil. Meski harus melaju dengan kecepatan tinggi, kendali mobil akan tetap stabil dan aman.

    Fungsi ini sangat berguna ketika Anda perlu melakukan perjalanan jauh dengan kecepatan yang tinggi.

    Anda dapat mengendalikan manuver mobil dengan nyaman karena per ini membuat laju mobil semakin stabil. Penumpang juga dapat menikmati perjalanan dengan minim gangguan.

    • Mengurangi Gesekan

    Per ini juga bisa menahan suspensi, sehingga gesekan yang terjadi di mesin mobil Anda menjadi lebih sedikit atau berkurang.

    Tekanan suspensi akan tertahan, meski dengan muatan yang terbilang penuh. Hal ini sangat berguna jika Anda akan melintasi polisi tidur atau berbagai jenis jalan yang berlubang.

    • Getaran Mobil Dapat Dikurangi

    Selanjutnya, per ini memiliki desain yang bisa tahan ketika harus meredam berbagai kejutan dan getaran pada mobil. Dengan daya redam yang baik ini, maka getaran di mobil dapat berkurang secara optimal.

    Fungsi penting ini pastinya dapat meningkatkan kenyamanan Anda ketika mengemudikan mobil. Tingkat keamanan juga dapat menjadi lebih baik, karena mobil dapat tetap stabil meski Anda harus melaju dengan kecepatan yang tinggi.

    Getaran dapat diredam dengan baik di berbagai jenis kecepatan, serta ketika mobil menempuh berbagai jenis medan.

    • Jarak Pengereman menjadi Berkurang