Berita

    Penting! Tanda-tanda Mobil Anda Harus Segera Diservis

    Servis mobil sangat penting sebagai langkah menjaga performa dan kondisi mobil. Itu sebabnya, Anda perlu menjadwalkan servis secara berkala. Selain itu, jika Anda mengamati berbagai tanda mobil harus diservis, sebaiknya segera kunjungi bengkel terdekat.

    Jika berbagai gejala tersebut diabaikan, maka dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah dan biaya perbaikan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, kenali apa saja tanda-tanda  yang menunjukkan bahwa mobil Anda bermasalah dan perlu diservis.

    Perhatikan 8 Tanda-tanda Mobil Harus Diservis Berikut Ini

    Menjaga kondisi kendaraan selalu prima adalah salah satu kewajiban pengemudi maupun pemilik kendaraan untuk memastikan keamanan dan keselamatan berkendara. Jadi, kenali 8 tanda-tanda utama mobil harus segera diservis berikut ini.

    • Lampu Indikator Menyala

    Jika lampu indikator mesin atau lampu peringatan lainnya di dashboard mobil Anda menyala, itu tandanya terdapat masalah yang perlu diperiksa. Baik itu masalah pada mesin, sistem rem, sistem kelistrikan, ataupun komponen lainnya.

    • Mesin Mobil Sulit Dinyalakan

    Mesin yang sulit dinyalakan adalah salah satu indikasi bahwa terdapat masalah dengan mesin mobil. Bisa berupa masalah pada sistem pengapian, baterai yang lemah, atau kerusakan pada komponen lainnya.

    • Mesin Tidak Konsisten, Kadang Hidup Kadang Mati

    Mesin yang kadang hidup dan mati sendiri tanpa alasan yang jelas adalah tanda yang menunjukkan adanya masalah pada sistem pembakaran, sistem bahan bakar, atau sensor-sensor pada mobil.

    • Terdengar Suara Aneh atau Bising

    Salah satu tanda mobil harus diservis yaitu terdengar suara bising yang tidak normal. Misal, suara mendesis dapat menunjukkan kebocoran sistem pembakaran, sedangkan suara berdecit disertai getaran dapat menunjukkan masalah pada suspensi.

    • Warna Asap Knalpot Tidak Normal

    Warna asap knalpot yang tidak normal juga dapat menunjukkan adanya masalah pada mesin. Contohnya, asap hitam pekat dapat mengindikasikan pembakaran yang tidak sempurna, sedangkan asap putih menunjukkan kebocoran pada sistem pendingin.

    • Penggunaan Bahan Bakar Lebih Boros

    Jika konsumsi bahan bakar mobil Anda menjadi lebih boros dari biasanya, ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem bahan bakar, injektor yang kotor, atau sensor yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga perlu segera diservis.

    • Mobil Mengalami Overheating