Berita

    Penting! Tips Merawat Rangka Mobil

    Perawatan mobil memang perlu dilakukan secara menyeluruh. Selain memperhatikan komponen mesin, Anda juga harus merawat rangka mobil sebaik mungkin. Tujuannya agar performa mobil terjangka dan usia pakainya bisa jadi lebih panjang. 

    Tanpa perawatan yang tepat, bagian rangka mobil ini bisa mengalami masalah karat dan keropos. Tentu hal ini sangat berbahaya bagi mobil Anda jadi jangan sampai disepelekan begitu saja. 

    Tips Merawat Rangka Mobil yang Tepat

    Kelalaian perawatan pada bagian rangka mobil seringkali dijumpai. Pada akhirnya hal seperti ini hanya akan merugikan pengguna mobil itu sendiri. Jadi jangan sampai Anda mengalami hal yang serupa. 

    Perawatan untuk rangka mobil ini berlaku pada jenis mobil apapun. Tidak hanya mobil keluaran lama atau mobil tua tetapi juga mobil baru. Berikut adalah beberapa tips perawatan yang dapat Anda lakukan:

    • Cuci Mobil secara Rutin

    Tips pertama, cucilah mobil Anda secara rutin. Pencucian ini sangat penting karena rusaknya rangka mobil bisa dipicu oleh hal yang sepele seperti tumpukan kotoran akibat mobil jarang dicuci. 

    Namun pastikan Anda mencuci mobil dengan cara yang tepat. Pilih lokasi yang teduh dan jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung karena air jadi lebih cepat menguap padahal masih banyak kotoran tertinggal. 

    Selain itu hindari mencuci di bawah pohon karena bisa saja ada getah pohon atau kotoran yang justru meninggalkan kotoran di rangka mobil Anda. Jangan lupa gunakan juga alat-alat yang tepat dan pastikan dalam kondisi bersih. 

    Misalnya saja lap untuk mengeringkan mobil, pastikan lapnya dalam kondisi bersih. Jika Anda memakai sikat maka pakailah sikat berbahan plastik dan pilih jenis pembersih yang bersifat non-abrasif. 

    Proses pengeringan mobil setelah dicuci juga harus dilakukan dengan tepat. Pastikan semua bagian benar-benar kering karena jika masih ada yang basah maka berpotensi memicu munculnya karat. 

    • Pasang Anti Karat

    Tips berikutnya yang bisa dilakukan dalam merawat rangka mobil adalah memasang anti karat. Bahan ini sangat efektif untuk mencegah karat sehingga rangka mobil tetap kuat dan terhindar dari kondisi keropos yang berbahaya. 

    Pelapisan anti karat ini harus dilakukan bersama tenaga yang profesional. Anda bisa memilih jenis produk anti karat yang berkualitas sehingga fungsinya dalam melindungi rangka mobil lebih optimal. 

    Ini merupakan upaya yang cukup efektif untuk dicoba. Paling tidak Anda sudah memberikan perlindungan ekstra bagi rangka mobil sehingga terbebas dari karat dan akan jauh lebih awet karena tidak mudah keropos. 

    • Lakukan Pemeriksaan Berkala

    Tentu sangat penting untuk melakukan pemeriksaan secara berkala. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi dengan mobil anda tanpa pemeriksaan yang akurat. Bisa saja ternyata ada bagian rangka mobil yang sudah berkarat dan keropos. 

    pemeriksaan mobil secara berkala

    Freepik.com

    Jika tidak ada pemeriksaan berkala, maka Anda tidak akan mengetahui adanya keropos tersebut. Lalu apa yang akan terjadi? Tentunya karat dan keropos ini akan meluas dan bertambah semakin parah. 

    Lain cerita jika Anda rajin melakukan pengecekan secara berkala. Adanya karat dan keropos ringan bisa langsung terdeteksi. Hal ini akan mempermudah Anda untuk mengatasinya dan mencegah agar kerusakan tidak berlanjut lagi. 

    Itulah mengapa penting untuk membawa mobil Anda servis rutin dan cek rangka secara berkala. Ini dilakukan agar tidak terjadi kerusakan parah yang membahayakan Anda saat berkendara.