Berita

    Featured Image

    Karet Wiper Mengeras? Ini Dia Penyebabnya

    Wiper adalah bagian penting dari mobil yang berguna untuk menyapu air hujan ketika sedang berkendara. Namun, seringkali ditemukan wiper yang kinerjanya tidak maksimal. Hal ini bisa terjadi karena berbagai kondisi, termasuk jika karet wiper mengeras.

    Sebenarnya, mengapa karet tersebut bisa mengeras? Mari ikuti penjelasan selengkapnya di sini dan berikan perawatn maksimal pada wiper dengan mengantisipasi penyebab kerasnya karet penyeka air.

    Penyebab Karet Wiper Mengeras

    Di bawah ini adalah penyebab umum mengerasnya karet wiper. Sebaiknya, setiap poin berikut Anda pahami dengan baik supaya dapat mencegah kerusakan.

    • Karet Wiper sudah Lama

    Penyebab pertama yakni jika karet wiper memang sudah dipakai dalam jangka waktu yang terlalu lama.

    Setiap komponen mobil memiliki masa pakainya masing-masing. Jika sudah habis masa pakai, maka Anda perlu menggantinya. Hal ini juga berlaku untuk karet wiper yang memang dapat mengeras secara alami seiring berjalannya waktu.

    • Memasang Karet Wiper Lama

    Berkaitan dengan poin pertama, ketika karet wiper sudah perlu diganti, maka tentu Anda akan menggantinya. Namun, bisa saja karet yang baru dipasang tersebut sudah mengeras seperti karet yang lama.

    Kondisi ini bisa disebabkan karena karet yang baru Anda pasang adalah stok yang sudah tersimpan cukup lama, sehingga secara alami karetnya pun sudah mengalami proses menjadi keras.

    • Terpapar Sinar Matahari secara Berlebihan

    Penyebab berikutnya yakni terlalu sering terpapar matahari. Sebenarnya, paparan sinar matahari memang kurang baik bagi banyak komponen mobil, karena bisa mengurangi masa pakainya, terutama karet wiper.

    Terpapar Sinar Matahari secara BerlebihanFreepik.com

    Jika melihat dari posisi komponen tersebut, letaknya menempel dengan kaca. Padahal, suhu kaca akan mudah meningkat jika terpapar sinar matahari. Hal inilah yang membuat karetnya bisa menjadi cepat keras.

    Jadi, ada baiknya jika Anda lebih memperhatikan posisi parkir mobil. Usahakan untuk tidak terlalu lama diparkir di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung.

    • Kualitas Karet Kurang Baik

    Karet wiper mengeras bisa juga disebabkan oleh kualitas yang kurang baik dari bahan pembuatan karet tersebut. Semakin bagus kualitasnya, maka karet wiper dapat digunakan dengan lebih lama.

    Namun jika kualitasnya memang kurang baik, maka masa pakainya bisa jadi lebih singkat dan mudah mengeras.

    • Kurangnya Perawatan Rutin

    Salah satu perawatan rutin yang penting dilakukan pada mobil yakni mencucinya. Dengan Anda mencuci mobil, maka berbagai komponen pun dapat lebih bersih dan risiko kerusakannya menjadi semakin kecil.

    Hal ini juga berlaku bagi karet wiper, berbagai kerusakan bisa saja disebabkan karena kurangnya perawatan. Misalnya, debu dan kotoran jadi menumpuk di sana.

    Kotoran dan debu yang dibiarkan di bagian wiper dapat membuat bagian karetnya mengalami proses oksidasi dan menjadi keras. Fungsi wiper pun jadi terganggu ketika Anda membutuhkannya.

    • Pemakaian Bahan Kimia dengan Tidak Tepat

    Penyebab selanjutnya yakni pemakaian bahan kimia yang tidak tepat. Ketika Anda membersihkan kaca mobil dan bagian wiper, maka perlu diperhatikan produk pembersih yang dipakai.

    Memakai produk secara asal-asalan dapat membuat karet wiper lebih cepat mengeras. Jadi, ada baiknya Anda menggunakan pembersih yang memang sudah dirancang secara khusus dan aman untuk mobil Anda.

    Dalam hal ini, jika merasa tidak yakin, Anda bisa meminta saran di bengkel resmi ketika melakukan servis atau pemeliharaan rutin.

    Itu tadi berbagai hal yang bisa menyebabkan karet wiper pada mobil Anda menjadi mengeras. Setelah membaca poin-poin di atas, maka kini saatnya Anda mencegah kerusakan wiper dengan langkah yang tepat.