Berita

    Ketahui Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

    Kipas radiator adalah komponen mobil yang menjaga air pendingin pada mobil supaya tetap dalam suhu mesin ketika bekerja. Sudah seharusnya kipas radiator mobil menyala ketika mobil dihidupkan.

    Akan tetapi ada kasus lain, di mana kipas radiator tetap menyala bahkan ketika kondisi mobil sudah dimatikan. Tentu itu bukan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Terlebih jika kipas radiator dibiarkan menyala, masalah ini akan merembet pada aki yang tekor.

    Penyebab Kipas Radiator Mobil Menyala Terus

    Untuk menjaga pengalaman berkendara Anda dengan keluarga, Anda perlu tahu apa yang menyebabkan kipas radiator terus menyala bahkan ketika mobil dalam kondisi mati.

    • Kerusakan Refrigerant Pressure Sensor

    Kerusakan pertama yaitu rusaknya refrigerant pressure sensor. Hal ini membuat kipas radiator terus menyala jika AC mobil dihidupkan. 

    Dalam kondisi mesin yang baik, kipas radiator berputar mengikuti kondisi pendingin mesin. Namun, ketika refrigerant pressure sensor mengalami kerusakan, ECU akan terus menghidupkan kipas radiator. Sehingga kipas radiator mobil menyala sepanjang hari.

    • Kerusakan Fan Control Unit

    Komponen mobil satu ini merupakan microcontroller yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan putaran kipas radiator. Dalam kondisi normal fan control unit membuat kipas radiator berputar dengan menyesuaikan pendingin mesin.

    Namun, ketika mengalami kerusakan, maka kipas radiator akan terus menyala karena tidak ada mengontrolnya.

    • Kerusakan Water Temperature Sensor

    Alasan ketiga dari masalah ini yaitu rusaknya Water Temperature Sensor atau WTS. Kerusakan WTS ini menyebabkan korsleting yang membuat nilai tahanan WTS bernilai 0. Hal ini membuat listrik terus mengalir ke ECU.

    ECU sendiri menilai sinyal yang masuk ini menandakan jika suhu air pendingin menjadi panas, sehingga untuk membuatnya dingin ECU menghidupkan kipas radiator. Hal inilah yang membuat kipas radiator terus menyala. 

    • Kerusakan Relay Fan Radiator

    Penyebab terakhir kenapa kipas radiator mobil menyala terus bahkan dalam kondisi mati yaitu adanya kerusakan yang terjadi pada relay fan radiator.

    Kerusakannya akan menyebabkan short circuit atau korsleting, seperti yang terjadi ketika water temperature sensor. 

    Kerusakan pada relay fan radiator bisa jadi disebabkan karena usia komponen yang sudah tua. Bisa juga disebabkan karena ada masalah pada rangkaiannya.

    Efek Kipas Radiator yang Terus Menyala