Berita

    Perawatan Sistem Transmisi Mobil: Pengaruhnya Pada Umur Pakai Mobil

    Di Indonesia, masih banyak orang yang lebih memilih mobil dengan sistem transmisi manual. Mereka masih beranggapan bahwa mobil manual memiliki biaya perawatan dan suku cadang yang lebih murah dibandingkan dengan mobil dengan transmisi otomatis.

    Namun sayangnya masih banyak pemilik mobil semacam ini yang mengabaikan perawatannya. Padahal bila dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis, perawatan mobil manual cenderung lebih mudah.

    Mengapa Merawat Sistem Transmisi pada Mobil Penting?

    Perlu Anda sadari betul bahwa transmisi menjadi komponen yang sangatlah penting pada sistem kerja sebuah mobil. Tugasnya sendiri adalah untuk menyalurkan tenaga mesin ke bagian kaki atau roda agar dapat bergerak.

    Itu mengapa komponen ini perlu dirawat secara rutin agar dapat berfungsi secara maksimal. Sekalipun perawatannya dikatakan lebih mudah, hal ini tidak boleh disepelekan agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

    Bagaimana Cara Merawat Transmisi Mobil?

    Agar komponen transmisi mobil dapat tetap berfungsi secara maksimal, berikut ini beberapa cara atau langkah yang dapat Anda lakukan.

    • Mengganti Oli Transmisi Teratur

    Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengganti oli transmisi secara rutin atau berkala. Hal ini dikarenakan oli merupakan cairan yang dapat mendukung kinerja dari transmisi mobil menjadi lebih optimal. 

    Perlu Anda ingat bahwa idealnya Anda mengganti oli transmisi setiap 30.000 Km hingga 50.000 Km. Dengan begitu, Anda dapat menghindari kemacetan atau kerusakan pada sistem transmisi mobil. Saat perpindahan gigi pun akan terasa lebih halus. 

    • Gunakan Oli Transmisi Berkualitas

    Pastikan untuk menggunakan jenis oli transmisi yang berkualitas dan sesuai dengan anjuran dari pabrikan mobil yang Anda miliki. Umumnya, mobil dengan transmisi manual menggunakan oli dengan tipe full sintetis 70-90 W.

    Oli sejenis ini memiliki konsistensi yang lebih encer dan tahan pada suhu panas. Mengapa demikian? Ini karena transmisi sejenis ini membutuhkan oli yang dapat melumasi setiap sudut bagian dari transmisi dengan cepat.

    • Mengatur Kopling Secara Tepat

    Langkah lainnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyetel atau mengatur kopling dengan tepat atau sesuai anjuran pabrik. 

    Perlu diingat bahwa jarak pedal kopling yang terlalu tinggi dapat membuat jarak kopling dengan transmisi mobil menjadi renggang.