Berita

    Bagian Ini Wajib Dicek Setelah Melewati Jalan Berlubang

    Menghadapi musim hujan, sering kali melewati genangan air atau kondisi jalan berlubang yang membuat perjalanan jadi terasa tidak nyaman. Tak jarang, ketika melewati jalanan yang berlubang, tiba-tiba kendaraan terbentur.

    Kondisi ini tentu sangat beresiko terhadap keselamatan nyawa Anda di perjalanan. Begitu pun, kondisi jalan yang rusak bisa membuat beberapa komponen kendaraan menjadi bermasalah.

    Komponen yang Harus Diperiksa setelah Melewati Jalan Berlubang

    Untuk mencegah kerusakan, maka perlu pemeriksaan secara berkala terhadap komponen kendaraan Anda. Terlebih lagi jika Anda melewati jalanan yang berlubang, maka bagian ini harus segera diperiksa dan diberi perawatan. Apa saja itu? Ini daftarnya:

    • Ban

    Ban adalah komponen pertama yang sering terkena benturan secara langsung pada kondisi jalan rusak. Perlu diketahui, bahwa komponen ini memiliki bagian serat-serat logam yang bisa mengalami perubahan bentuk apabila terkena benturan.

    Maka dari itu, penting untuk segera memeriksa kondisi pada ban setelah melakukan perjalanan. Apabila tampilannya terlihat benjol atau retak, segera lakukan perbaikan ke bengkel terdekat.

    • Velg

    Komponen selanjutnya yang bisa saja bermasalah akibat benturan adalah bagian velg. Material ini terbuat dari logam yang sewaktu-waktu bisa rusak akibat terlalu sering terkena benturan.

    Biasanya, velg akan mengalami bengkok sewaktu-waktu bahkan pecah akibat benturan cukup parah. Jika sudah mengalami hal seperti ini, maka sebaiknya lakukan penggantian velg baru.

    • Suspensi

    Suspensi bekerja untuk meminimalisir terjadinya hentakan secara tiba-tiba pada kendaraan bermotor. Komponen ini harus sering dicek terutama ketika sering melintasi kondisi jalan berlubang.

    cek bagian suspensi dan roda mobilFreepik.com

    Kondisi suspensi yang buruk, bisa mengalami kebocoran atau membuat as suspensi menjadi bengkok. Masalah ini juga biasa disebut dengan shock breaker yang sudah mati.

    • Bearing

    Bearing atau disebut sebagai laher roda berfungsi untuk menerima beban putaran ban. Komponen ini juga bekerja untuk meminimalisir gesekan yang terjadi antara tromol dengan as roda.

    Bagian ini bisa saja bermasalah karena beban yang ditanggung terasa semakin berat dan membuatnya cepat aus. Kondisi ini bisa membuat putaran roda menjadi tidak stabil dan membahayakan keselamatan kendaraan tersebut.

    • Baut

    Saat melintasi jalanan lubang, ini akan berpengaruh terhadap kondisi baut yang terpasang pada kendaraan. Mengingat fungsi baut ini berguna untuk menghubungkan satu komponen dengan yang lain, maka Anda harus sering mengecek bagian ini.

    Benturan akibat jalanan rusak akan membuat kekencangan baut berkurang dan menjadi kendor. Ini berpeluang membuat baut menjadi terlepas yang mengakibatkan sambungan antara komponen motor tidak terpasang dengan baik.

    • Body Kendaraan

    Bagian selanjutnya yang perlu Anda periksa adalah body keseluruhan pada kendaraan Anda. Kondisi baut yang terlepas juga biasanya akan mempengaruhi tampilan kendaraan menjadi tidak sesuai.

    Apabila kendaraan terasa kaku atau goyang, ini bisa jadi karena ada komponen yang bermasalah akibat benturan jalanan lubang. Untuk memastikan kondisi kendaraan Anda, segera periksa ke bengkel terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

    Demikian 7 komponen yang harus dicek setelah kendaraan melintasi jalan berlubang. Hal ini penting untuk mendeteksi kerusakan sehingga bisa dilakukan perawatan atau perbaikan dengan tepat.