Berita

    Penting! Tanda Air Radiator Mobil Anda Habis

    Air radiator merupakan salah satu komponen penting dalam mobil yang membuat mesin dapat bergerak dengan baik. Komponen ini berbentuk cairan pendingin yang memiliki kegunaan penting dalam sistem pendinginan pada mesin mobil.

    Mesin mobil bisa bekerja dengan normal dan ideal jika suhunya terkontrol. Oleh sebab itu, komponen pendingin yang satu ini sangat penting dan perlu dipastikan kondisinya.

    Inilah Tanda Air Radiator Mobil Habis

    Fungsi pentingnya sebagai pendingin dan pengontrol suhu, membuat Anda perlu memperhatikan komponen cairan ini dengan betul. Sebaiknya, jangan sampai mobil Anda kehabisan cairan ini, karena tidak baik untuk kinerja mesin mobil.

    Perhatikan dengan baik, inilah berbagai tanda bahwa komponen tersebut telah habis dan perlu diganti dengan yang baru.

    • Indikator dari Suhu Mesin Mendekati Warna Merah

    Tanda pertama yang bisa Anda perhatikan adalah yang tertera ada dashboard mobil. Terdapat berbagai tanda di sana, salah satunya indikator suhu yang dalam kondisi normal akan menunjuk ke arah tengah.

    Jika jarumnya mulai mengarah ke warna merah, maka itu pertanda suhu mobil sudah mulai tidak stabil. Sistem pendingin sudah tidak mampu untuk mengatur suhu dengan baik.

    Ini bisa jadi merupakan tanda bahwa cairan pendingin sudah habis dan perlu segera diganti dengan yang baru.

    • Suara Mesin Terdengar Lebih Berisik

    Tanda lain yang mudah diketahui yaitu ketika suara mesin sudah mulai terdengar kasar. Suara kasar atau bising tersebut bisa disebabkan kerena mesin yang terlalu panas mempengaruhi sistem pembakarannya.

    Ini merupakan pertanda bahwa cairan pendinginnya mungkin sudah habis. Jika terjadi di tengah perjalanan, sebaiknya segera menepi dan periksa dulu kondisi mesin mobil Anda.

    • Uap Keluar dari Kap Mobil

    Tanda berikutnya adalah munculnya uap dari kap mobil. Hal ini bisa terjadi ketika cairan pendinginnya habis atau mungkin mengalami kebocoran.

    Istockphoto.com

    Segera periksa dan ditangani supaya mesin bisa kembali berfungsi normal. Jika cairan pendinginnya habis, maka sebaiknya segera diganti. Namun, jika terjadi masalah lain, maka segera lakukan pemeriksaan ke bengkel supaya tidak semakin parah.

    • Tenaga Mesin Berkurang

    Ketika Anda merasa tenaga dari mesin mobil berkurang, atau tarikannya menjadi sangat berat, maka ini bisa menjadi tanda selanjutnya. Segera periksa kondisi cairan pendingin, dan segera ganti jika sudah habis.